Brosur Mobil Suka Ada Istilah Torsi dan Tenaga, Ini Bedanya

Terkait pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar, Didi menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara.

Brosur Mobil Suka Ada Istilah Torsi dan Tenaga, Ini Bedanya
Warta Kota/Alex Suban
Pekerja memeriksa mesin mobil R-NR Toyota yang dibuat di pabrik Plant 3 Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang baru dioperasikan di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016) pagi. Di pabrik ini dibuat mesin bensin alumunium untuk mobil penumpang untuk pabrik mobil Toyota di Asia. Mesin dari parbrik ini memiliki kandungan lokal 80 persen. (Warta Kota/alex suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada data spesifikasi produk mobil di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi.

Namun, sebenarnya, apa sih maksud kedua kata tersebut? Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi.

Sedangkan power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan. Apabila definisi tersebut telalu teknis, Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) mencoba membuatnya lebih ringan.

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak,” ucap Didi, Selasa (16/10/2018).

Baca: Alasannya Kena Imbas Dollar, Honda Kerek Harga Moge

Terkait dengan satuannya sendiri, Anjar dan Didi menyebutkan, untuk torsi Newton (Nm) atau Kgm. Sementara untuk tenaga ada horsepower (HP) bisa juga PS (dari bahasa jerman Pferdestärke).

Terkait pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar, Didi menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara.

Baca: Luhut Klaim Koreksi Jari Bos IMF Demi Tunjukan Indonesia Nomor Satu, Terkuak Fakta Ini

Namun rata-rata untuk kendaraan komersial yang cenderung bawa muatan banyak, dibutuhkan torsi besar.

Sedangkan, untuk mobil-mobil balap, biasanya punya tenaga besar sampai ratusan Hp, karena memang mengejar kecepatan tertinggi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved