Toyota Raih Posisi Teratas untuk Fitur Keselamatan di Ajang Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik dan berhak mendapat gelar penghargaan ASEAN NCAP Excellent Award The Most 5 Star Brand (2017-2018).

Toyota Raih Posisi Teratas untuk Fitur Keselamatan di Ajang Uji Keselamatan ASEAN NCAP
HANDOUT
Rouli Sijabat, PR Manager PT Toyota-Astra Motor (kedua kiri) dan Santoso, Senior Officer TGA PT TMMIN (tengah) berfoto bersama dengan Secretary General ASEAN New Car Assesment Program Khairil Anwar Abu Kassim (kiri), dan Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing CO., LTD ASEAN NCAP Shogo Sakai (kedua kanan), serta Siti Zahara Osman (kanan) di acara ASEAN NCAP GrandPrix 2018. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Produk Toyota meraih posisi teratas pada ASEAN New Car Assesment Program for South East Asia Countries (ASEAN NCAP) di program ASEAN NCAP GrandPrix Award 2018 yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali ini.

Toyota dinobatkan sebagai yang terbaik dan berhak mendapat gelar penghargaan ASEAN NCAP Excellent Award The Most 5 Star Brand (2017-2018).

Penghargaan untuk Toyota ini diberikan karena fitur keselamatan untuk pengemudi dan penumpang  yang disematkan pada mobil-mobil baru yang diluncurkan Toyota, paling banyak mendapatkan rating penilaian tertinggi atau 5 bintang NCAP dalam dua tahun berturut-turut, dibanding merek-merek lain yang dipasarkan di Indonesia.

Selain itu, pada ajang yang pelaksanaannya bersamaan dengan ASEAN Automobile Safety Forum ke-10 (13-15 November 2018) di Karawang, Jawa Barat, dua produk Toyota di segmen sedan dan SUV, yaitu Toyota Vios dan Rush juga mendapat ASEAN NCAP Excellent Award untuk Continous Safety Improvement.

Sedan Vios yang mengisi segmen Toyota sedan ini dinilai serius dalam upaya meningkatan perlindungan keselamatan karena pada 2018 berhasil meraih rating penilaian 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2012 meraih 4 bintang NCAP.

Upaya yang sama juga dilakukan untuk model SUV Tooyta Rush sehingga pada 2018 ini juga meraih rating 5 bintang NCAP setelah sebelumnya di 2014 lalu meraih rating penilaian 4 bintang.

Baca: Survei LSI: Partai Hanura dan PSI Bersama Empat Partai Lain Diprediksi Tak Lolos Ambang Batas

Toyota C-HR yang baru diluncurkan di Indonesia awal 2018 lalu juga sukses meraih ASEAN NCAP untuk kategori Best Adult Occupant Protection (AOP) Award dengan rating penilaian 5 bintang setelah sebelumnya di Mei 2018 lalu juga telah meraih penilaian tertinggi NCAP untuk kategori perlindungan pengemudi dan penumpang anak-anak (Child Occupant Protection/COP).

Baca: Puncak Rangkaian Intersport World Stage Akan Digelar Akhir Pekan Ini di The District Street, BSD

Selain mendapat pengakuan resmi sebagai merek yang memiliki rating keselamatan tertinggi, penghargaan ASEAN NCAP GrandPrix 2018 lainnya yang berhasil diraih ini menunjukkan, Toyota dengan semangat Kaizen-nya senantiasa berkomitmen memprioritaskan unsur safety bagi mobil-mobil yang diproduksi.

“Melakukan improvement terhadap produk dan fitur keselamatan pada setiap mobil baru yang diluncurkan ke pasar adalah bagian nilai tradisi Kaizen yang senantiasa kami pegang di Toyota. Kami bersyukur, apa yang kami lakukan tersebut mendapat apresiasi yang tinggi  dari berbagai kalangan termasuk dari ASEAN NCAP,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangan tertulisnya kepada Tribunnews, Jumat (16/11/2018). 

New Car Assessment Program (NCAP) merupakan program penilaian terhadap perlindungan keselamatan bagi  pengemudi dan penumpang dari sebuah mobil baru.  

ASEAN NCAP GrandPrix Award digelar setiap 2 tahun sekali ini untuk memberikan penghargaan atas pencapaian prestasi yang tinggi dalam memperhatikan aspek keselamatan dari mobil-mobil yang dipasarkan di Kawasan ASEAN.

Selain penilaian terhadap kendaraan (vehicle assesment) yang menjadi nominasi, ASEAN NCAP Grand Prix  juga memberikan penilaian terhadap keunggulan riset dan penerapan teknologi keselamatan yang dilakukan serta diterapkan untuk mobil-mobil nominasi.

Serangkaian uji tabrak (crash test) dilakukan terhadap mobil-mobil nominasi untuk mengetahui tingkat perlindungan terhadap keselamatan pengendara dan penumpang dewasa (AOP), pengendara dan penumpang anak-anak (COP), serta kelengkapan perangkat pendukung  keselamatan (safety assist) yang dimiliki.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved