Xpander Mau Facelift? Mitsubishi: Terlalu Cepat Kalau Kami Umumkan Sekarang

"Pasti kami akan lakukan (facelift), karena untuk mobil mengembangkan model baru itu perlu waktu cukup lama."

Xpander Mau Facelift? Mitsubishi: Terlalu Cepat Kalau Kami Umumkan Sekarang
IST
Mitsubishi Xpander 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemain dominan di segmen small multipurpose vehicle atau small MPV, Toyota Avanza bersama kembarannya, Daihatsu Xenia kompak melakukan facelift untuk model Avanza dan Xenia terbarunya yang dipasarkan di Indonesia mulai awal 2019.

Strategi itu tentu saja untuk menggenjot animo pasar terhadap model small MPV 7-seater berpenggerak roda belakang ini.

Sebelumnya, Suzuki juga sudah lebih dulu merilis small MPV Ertiga generasi kedua dengan desain bodi, interior serta spesifikasi mesin yang sepenuhnya baru untuk pasar Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan Mitsubishi Xpander yang kini menjelma menjadi penantang kuat bagi Avanza di segmen small MPV?

Xpander resmi diluncurkan di pasar Indonesia dua tahun lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Setelah dua tahun beredar apakah dirasa perlu bagi Mitsubishi untuk merilis versi penyegarannya?

"Pasti kami akan lakukan (facelift), karena untuk mobil mengembangkan model baru itu perlu waktu cukup lama. Tap[i untuk saat ini masih terlalu cepat untuk diumumkan sekarang. Begitu ada momen yang tepat kami akan umumkan," kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI dalam perbincangan dengan awak media di Jakarta, baru-baru ini.  

Baca: Dicari! Pick Up Suzuki Carry Paling Jadul dan Ori di Kontes Legenda Carry

Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI mengatakan, hadirnya model facelift seperti New Avanza dipastikan akan meningkatkan kompetisi di segmen small MPV setelah sebelumnya juga Suzuki dengan memasukkan All New Ertiga.

Xpander__7
Mitsubishi Xpander

Namun sebagai pemain baru yang masuk segmen small MPV, Xpander hadir dengan konsep dan keungguan yang berbeda.

Baca: Perbaikan Inflator Airbag, Mitsubishi Recall Pajero Super Exceed, Delica dan Lancer SEi

"Ini juga mengubah peta persaingan di small mpv itu jadi itu sesuatu yang pasti bahwa semua merek dan produsen akan terus men-develop produknya untuk menjadi yang terbaik buat konsumen. Buat konsumen ini juga bagus karena mendapatkan produk yang baik dan punya pilihan yang lebih luas," ungkap Irwan Kuncoro.

Kekuatan di Desain

Irwan Kuncoro juga yakin, munculnya model facelift akan membuat market di segmen small MPV di Indonesia semakin membesar.

"Kita melihat persaingan akan semakin ketat, sementara market size-nya akan membesar. Itu juga menjadi keuntungan buat Mitsubishi dan Xpander. Kami masih sangat yakin Xpander masih tetap memiliki peminat yang cukup banyak," tegasnya.

"Jadi seperti yang tadi saya sampaikan, Xpander ini mempunyai konsep yang berbeda. Tagline kita waktu (peluncuran) itu kan 'Next Generation MPV', berarti memang kita unggul, misalnya dari sisi desain. Desainnya unik dan berbeda. Dan yang pasti yang dibutuhkan oleh MPV apa, kabin yang luas, kenyamanan kemudian juga kabin yang senyap dan performance serta fitur-fitur lainnya yang kita miliki," beber Irwan Kuncoro.

Bukti keunggulan desain tersebut, di 2018 lalu Mitsubishi Xpander meraih penghargaan Car of The Year di ajang Otomotif Award 2018.

"Jadi Xpander ini memang sudah cukup baik diterima pasar. Dan dari sisi kompetisi tadi, Xpander bersaing ketat di poisisi atas. Itu tadi yang saya bilang mengubah peta persaingan dan kita cukup mampu bersaing di posisi atas. Jadi semua itu poinnya adalah, oke  persaingan semakin ketat. Mitsubishi dan Xpander siap bersaing di pasar yang semakin ketat dan jugapasar yang akan membesar," tandas Irwan Kuncoro.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved