Breaking News:

Rintis Pasar di Segmen Light Duty Truck, Kuzer Tidak Akan Bersaing Head On dengan Colt Diesel

Astra UD Trucks memilih strategi khusus dengan menggarap pelanggan mereka sendiri yang selama ini sudah membeli truk Quester.

TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Media test drive truk ringan Kuzer RKE 150 di kompleks Astra UD Trucks di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Astra UD Trucks mulai tahun 2019 ini mulai memacu penjualan truk terbarunya, Kuzer RKE 150, yang bermain di segmen truk ringan enam ban di pasar Indonesia. Truk ringan enam ban merupakan segmen pasar terbesar di bisnis kendaraan niaga di Indonesia saat ini. 

Tentu saja tidak mudah bagi Astra UD Trucks untuk menerobos pasar kendaraan niaga di segmen ini lantaran market saat ini dikuasai oleh trio Colt Diesel dari Mitsubishi Fuso, Hino Dutro dan Isuzu Elf NMR.

Karenanya, di tahun pertama penjualannya di 2019 ini, Astra UD Trucks memilih strategi khusus dengan menggarap pelanggan mereka sendiri yang selama ini sudah membeli dan terbiasa mengoperasikan truk medium duty Quester.

Kepala Wilayah IBB Astra UD Trucks Hendro Priyo Purnomo di sela acara media gathering dan test drive truk Kuzer RKE 150 di Astra Ud Trucks, Sunter, Jakarta, Selasa (19/3/2p019) mengatakan, di tahun pertama penjualan pihaknya menggarap captive market dulu. 

Truk ringan Kuzer RKE 150__1
Truk ringan Kuzer RKE 150 varian wheelbase 3350 mm dengan aplikasi boks aluminium.

Yakni dengan memasarkan Kuzer RKE 150 ke pelanggan Quester yang selama ini mengoperasikan truk ringan enam ban untuk mendukung bisnis transportasinya. 

Strategi ini dinilai realistis ketimbang langsung menggarap pasar secara terbuka, yakni para pengusaha transportasi yang selama ini sudah lebih dulu mengoperasikan truk ringan enam ban dari merk kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar.

Mitsubishi Colt Diesel FE 74 HD saat dipamerkan di arena GIIAS 2017 di ICE BSD City, bulan Agustus 2017. Mitsubishi Colt Diesel masih menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi Fuso di Indonesia sepanjang 2017.
Mitsubishi Colt Diesel tipe FE 74 HD. Colt Diesel dari Mitsubishi Fuso saat ini tercatat sebagai pemegang market share terbesar di segmen truk ringan di Indonesia. 

"Durability akan menjadi kunci bagi truk Kuzer RKE 150 untuk bisa menang di pasar truk ringan ini. Karena di pasar saat ini ada pemain yang lebih dulu masuk, misalnya saudara kami dari Isuzu yang juga sudah merilis truk NMR 150 PS, juga Hino, serta Fuso yang lebih lama masuk ke pasar. Kita ke depan pengen juga kenal dengan customer Fuso dan Hino," ungkap Hendro Priyo Purnomo. 

Baca: Tahun Ini Astra UD Trucks Mulai Ngegas Jualan Truk Ringan Kuzer RKE 150

Hendro yakin, Kuzer RKE 150 akan diterima oleh pasar, terutama pengusaha pelanggan loyal Astra UD Trucks karena selama ini mereka telah membuktikan keandalan truk Quester yang bermain di truk kategori III (medium duty truck) dan V (heavy duty truck).

"Kuzer RKE 150 ini adalah produk baru di line up UD Trucks yang bermain di kategori II setelah selama ini kita main di truk kategori III dan V dan terbukti sukses diterima pasar," imbuh Hendro.

Truk ringan Hino Dutro 130 HD aplikasi dump truk saat dipamerkan di booth Hino di GIIAS 2018. Truk ini cocok untuk mendukung bisnis di sektor jasa konstruksi yang saat ini menggeliat di Tanah Air.
Truk ringan Hino Dutro 130 HD aplikasi dump truck. Dutro merupakan truk ringan dengan market share kedua terbesar di Indonesia setelah Colt Diesel.

Kuzer RKE 150 ditawarkan dalam dua pilihan wheelbase sesuai kebutuhan dan peruntukannya untuk pengangkutan barang, yakni RKE 150 WB 3350 dan RKE 150 WB 3850.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved