Bukan Avanza, Justru Fortuner Jawaranya Model yang Diekspor Toyota Indonesia

Sepanjang dua bulan pertama di 2019, ternyata jumlah ekspor utuh (CBU) mobil Toyota rakitan Indonesia meningkat 4% dibanding periode serupa tahun lalu

Bukan Avanza, Justru Fortuner Jawaranya Model yang Diekspor Toyota Indonesia
Warta Kota/Alex Suban
Pekerja melakukan pengujian dan pemeriksaan untuk pekerjaan akhir pembuatan mobil Toyota All New Sienta, di pabrik Toyota Plant II, Karawang, Jawa Barat, Senin (25/7/2016). Dengan investasi Rp 2,5 triliun, pada tahap awal kebutuhan pasar lokal, Toyota menargetkan volume produksi All New Sienta sebanyak 4.000 unit per bulan. (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sepanjang dua bulan pertama di 2019, ternyata jumlah ekspor utuh (CBU) mobil Toyota rakitan Indonesia meningkat 4% dibanding periode serupa tahun lalu.

Meski tumbuh, Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengakui kondisi ekonomi global saat ini sangat kurang menguntungkan.

"Kinerja awal tahun ekspor kami masih positif walaupun banyak proteksi dan perang dagang. Tapi kami optimistis pertumbuhan ekspor tahun 2019 ini naik di atas 5%,” ungkap Bob Azam, dikutip dari Kontan.co.id Sabtu (30/3/2018).

Lalu model Toyota apakah yang paling banyak dieskpor utuh oleh TMMIN?

Tak disangka, ternyata Toyota Fortuner lah yang jadi juaranya dengan membukukan angka 7.890 unit atau berkontribusi sebesar 26%.

Baca: Toyota Yakini Glory 560 Tak Ganggu Jualan Avanza dan Rush

Sementara di posisi kedua ada Toyota Agya alias Toyota Wigo di negara tujuan ekspornya, sebanyak 5.900 unit (19%).

Di peringkat ketiga dan selanjutnya, berturut-turut diisi oleh Toyota Rush (5.330 unit), Toyota Avanza (4.180 unit), Toyota Vios (3.270), dan toyota Town Ace (2.280).

Tak ketinggalan juga Kijang Innova, Sienta, dan Yaris dengan total 1.700 unit yang diekspor.

Dari sembilan model ekspor CBU Toyota,  ada 2 model SUV menyumbangkan kontribusi besar terhadap ekspor yaitu sebanyak 43%.

"Kami lihat tren global menuju SUV, biasanya saat harga harga minyak rendah permintaan SUV bagus," tutup Bob.

Beda tren memang dengan pasar domestik ya.

Berita ini sudah tayang di gridoto berjudul Bukan Avanza, Tak Disangka Model Ini yang Paling Banyak Dieskpor Toyota Indonesia

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved