GIIAS 2019

Siap Ngegas di Lintasan Balap, Mitsubishi Motors dan Rifat Sungkar Kenalkan Xpander Rally Team

Minggu (21/7/2019) kemarin Rifat Sungkar dan MMKSI resmi meluncurkan tim reli yang diberi nama Xpander Rally Team (XRT) di booth Mitsubishi Motors.

Siap Ngegas di Lintasan Balap, Mitsubishi Motors dan Rifat Sungkar Kenalkan Xpander Rally Team
IST
Rifat Sungkar dengan Xpander Rally Team, bersama navigator M. Redwan (kanan) saat diperkenalkan di hari keempat GIIAS 2019, Minggu (21/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Pebalap nasional Rifat Sungkar dan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) akhirnya memenuhi janji mereka untuk memperkenalkan tim balap resmi MItsubishi yang sepenuhnya didukung Mitsubishi Motors di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Janji itu ditunaikan pada hari keempat GIIAS 2019.

Minggu (21/7/2019) kemarin Rifat Sungkar dan MMKSI resmi meluncurkan tim reli yang diberi nama Xpander Rally Team (XRT) di booth Mitsubishi Motors.

Di Xpander Rally Team, Rifat tampil sebagai pebalap utama didampingi navigator M. Redwan yang memang dikenal sebagai mitra kepercayaan Rifat di balik kemudi.

Rifat sendiri selama ini dikenal sebagai pereli dengan segudang prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Rifat akan

Rifat menjelaskan, kehadiran XpanderRally Team menunjukkan konsep kreatif dari kendaraan multifungsi yang diciptakan oleh Mitsubishi, yang selain cocok untuk balapan reli juga sangat pas untuk kendaraan keluarga.

"Kenyamanan dan kelengkapan fiturnya tidak dapat diragukan lagi sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan di Indonesia. Namun lebih dari pada itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4,” beber Rifat Sungkar.

MMKSI dan Rifat mengembangkan XPANDER menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam ajang balap reli AP4 dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA terkait kelas AP4 tersebut.

Rifat melihat sasis yang digunakan

Sasis Xpander yang mengadopsi konstruksi dari Mitsubishi Lancer Evo X menurut Rifat akan mampu menjamin handling mobil ini akan sangat baik ketika digunakan. "Handling yang baik ini bukan tanpa alasan, karena XPANDER AP4 memiliki cross weight yang hampir setara di bagian depan dengan belakang," jelasnya.

“Cross weight yang hampir setara akan membuat titik berat XPANDER menjadi sempurna. Ini adalah salah satu ramuan utama dari sebuah mobil kompetisi, khususnya reli,” ungkap Rifat.

Rifat menyatakan AP4 merupakan inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik. Yang istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehar-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.

“Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi yang 2 kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan,” jelasnya.

Spesifikasi XPANDER AP4
Engine: Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600cc)
Horse Power: 350 HP
Torque: 410 ft/lbs
Wheels: 15 x 7 Speedline
Tire: Dellium RG4
Weight Distribution: 55/45

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved