Gunakan Car Seat Saat Membawa Balita Bepergian Agar Perjalanan Nyaman

Sebelum digunakan, pastikan bahwa car seat sudah sesuai agar perjalanan jadi nyaman dan aman untuk anak dan juga orang tua

Gunakan Car Seat Saat Membawa Balita Bepergian Agar Perjalanan Nyaman
FATHERLY
Penggunaan car seat membuat bayi lebih nyaman di perjalanan saat bepergian dengan orangtuanya dengan bermobil. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini masih banyak orang tua yang lebih memilih memangku dan memeluk anak ketika bepergian dengan naik mobil. Padahal, hal tersebut tidak aman dan nyaman untuk si anak. Anak-anak membutuhkan keamanan khusus saat berkendara.

Karena itu, menggunakan car seat adalah salah satu upaya menyediakan keamanan dan kenyamanan untuk mereka.

Wahyu S Minarto, Inisiator SafeKids Indonesia menyatakan, tidak membiasakan anak digendong saat berada di mobil menandakan bahwa orang tua tersebut peduli dengan keselamatan anaknya.

"Sebab saat anak digendong, maka ia tidak terlindungi. Saat tabrakan terjadi misalkan, meski mobil hanya 40 kilometer per jam, gaya yang dirasakan anak sama seperti jatuh dari lantai 3. Jadi sebaiknya menggunakan car seat yang sesuai dengan usianya," kata paman Billie, panggilan akrabnya kepada Kompas.com, Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Baca: Pilihan MPV Berharga Murah di Jawa Barat

Zeneth Ayesha Thobarony, spesialis sar seat dari SafeKids Indonesia menambahkan pentingnya menggunakan car seat untuk anak yang sesuai dengan usianya.

Baca: Topabiring Trans Logistik Tambah 10 Armada Tata Prima 2528.K 6x4

"Sandaran dan settingan sabuk pengaman pasti berbeda. Misalkan sabuk yang terpasang di dalam mobil, itu didesain sesuai dengan badan orang dewasa. Begitu juga dengan car seat, ukurannya beda-beda sesuai usia dan berat badan anak," kata dia.

"Jadi sebelum digunakan, pastikan bahwa car seat sudah sesuai agar perjalanan jadi nyaman dan aman untuk si anak dan juga orang tua," kata Zeneth lagi.

Penulis : Ruly Kurniawan
Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Bawa Balita Berkendara, Biasakan Pakai Car Seat Bayi

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved