Soal Mobil Jokowi, BMW Group Masih Tunggu Keputusan Pemerintah

BMW sudah menjadi kendaraan dinas korps diplomatik. Mulai dari kedutaan besar, pemerintahan, dan organisasi internasional.

Soal Mobil Jokowi, BMW Group Masih Tunggu Keputusan Pemerintah
Tribunnews/JEPRIMA
BMW Indonesia meluncurkan sedan mewah All-new Seri 7 rakitan lokal dengan varian mesin baru di Jalan Gaya Motor No 3, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (30/11/2016). Generasi keenam BMW Seri 7 ini dirakit di BMW Production Network 2, Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara dengan menggendong mesin empat silinder berkapasitas 1.998 cc twin-scroll turbocharger yaitu BMW 730Li. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BMW Group Indonesia mengaku masih menunggu jawaban dari pemerintah melalui Kementerian Sekretarian Negara (Kemensetneg) terkait pengadaan mobil dinas kepresidenan.

"Iya kami masih menunggu, belum ada update. Kami sudah berikan semua informasi mulai dari seputar product knowledge. Kalau perlu ada sesi pengenalan khusus, kita siap," kata Ismail Ashlan, Corporate Communications BMW Group.

Lebih jauh, Ismail menerangkan bila BMW sudah menjadi kendaraan dinas korps diplomatik. Mulai dari kedutaan besar, pemerintahan, dan organisasi internasional.

"Di Jakarta, lebih ada 20 kedutaan yang menggunakan BMW Seri 7 dan Seri 5," tambah dia.

BMW diketahui menawarkan sedan premium Seri 7 dengan layanan BMW Security Vehicle. Sedan ini nantinya didesain terhadap beberapa serangan yang mungkin terjadi seperti peluru, bahkan ledakan bom.

Sebelumnya seperti diberitakan, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pengadaan ini dilakukan karena kondisi kendaraan dinas presiden, wapres dan menteri sudah tidak layak.

"Kan mobil dinas bapak presiden sudah melebihi waktunya dan mobil itu adalah mobil khusus, contohnya anti peluru dan lain-lain. Dan elektroniknya itu ada umurnya, jadi ada umur 10 tahun ya sudah. Kalau sudah 10 tahun mungkin juga kalau diperbaiki sulit," kata Heru di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

"Ya kan berkali-kali, power windownya enggak jalan, elektriknya enggak jalan, lantas pernah semua sound system di dalam mobil bunyi. Radio semua bunyi kan enggak nyaman. Kira-kira begitu," sambung Heru.

Baca: Perpres Keluar, BMW Siap Perbanyak Model Mobil Listrik di Indonesia

Heru menjelaskan, saat ini ada delapan mobil dinas yang digunakan presiden dan wapres berjenis Mercedes Benz S600 Guard.

Namun keduanya sudah berumur lebih dari 10 tahun dan sudah digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Halaman
12
Penulis: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved