Suzuki Ertiga Ada Varian Teknologi Smart Hybrid, Siap Dipasarkan di Indonesia?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mengambil ancang-ancang untuk ikut dalam percepatan industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Suzuki Ertiga Ada Varian Teknologi Smart Hybrid, Siap Dipasarkan di Indonesia?
Kompas.com
Suzuki All New Ertiga dengan teknologi Smart Hybrid 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mengambil ancang-ancang untuk ikut dalam percepatan industri kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Salah satunya dengan memperlihatkan All New Ertiga berteknologi Smart Hybrid pada pameran kendaraan listrik Sabtu (31/8/2019) lalu.

Model ini tidak ditemukan di Tanah Air namun hadir di India sebagai salah satu varian Ertiga yang ditawarkan di sana.

Lantas apa itu teknologi Smart Hybrid Vehicle Suzuki (SHVS)?

Menurut Head of 4W Product Development PT SIS, Yulius Purwanto, teknologi ini sudah pernah hadir melalui produk Ertiga Diesel Hybrid beberapa tahun lalu.

Namun kali ini teknologi dibuat lebih baik yakni dengan penggunaan baterai lithium yang diletakkan di bawah kursi penumpang baris pertama.

“Ini tidak berbeda jauh dengan teknologi pada Ertiga Diesel Hybrid hanya saja kali ini baterai lithium sudah menggantikan aki yang dulu digunakan,” ucap Yulius yang ditemu di sela pameran.

SHVS tidak seperti sistem hybrid biasa yang menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda. Sistem hybrid disini menyimpan listrik untuk membantu kerja aki ke generator yang disebut Suzuki Integrated starter generator (ISG).

Baca: Suzuki Ertiga Crossover Akan Diproduksi di Indonesia

Di sini generator berfungsi untuk membantu kerja mesin mulai dari menjalankan fitur idle start stop hingga menambah torsi mesin melalui fitur torque accelerator.

Baterai juga akan terisi melalui pengereman kendaraan dan juga membantu kerja aki dengan menjadi sumber listrik untuk audio dan lainnya.

Perbedaan dengan varian Ertiga Hybrid terdahulu adalah saat ini Suzuki menempatkan teknologi hybrid pada mesin K15B bensin dan sudah menggunakan transmisi otomatis.

Lantas kapan akan ditawarkan oleh Suzuki di Indonesia? Pihak Suzuki masih menutup rapat akan rencana tersebut.

Salah satu pertimbangan mengapa varian ini belum ditawarkan adalah untuk menunggu penerapan peraturan kendaraan listrik yang baru saja meluncur.

Apakah artinya masyarakat Tanah Air masih harus menunggu cukup lama untuk merasakan teknologi ini? Kita lihat saja bagaimana langkah Suzuki selanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenal Lebih Dekat dengan Suzuki Ertiga Teknologi Smart Hybrid" 

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved