Bisnis Mobil Bekas Cerah, Balai Lelang Auksi Operasikan Pool Baru di Jakarta Selatan

Bisnis lelang kendaraan bekas kini memiliki prospek cerah seiring terus meningkatnya kebutuhan masyarakat membeli kendaraan bekas.

Bisnis Mobil Bekas Cerah, Balai Lelang Auksi Operasikan Pool Baru di Jakarta Selatan
HANDOUT
Suasana lelang kendaraan di Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) di Pool Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019). Lelang kali ini menawarkan 130 unit mobil bekas berbagai tipe, merk dan tahun pembuatan dan diikuti lebih dari 100 peserta lelang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bisnis lelang kendaraan bekas kini memiliki prospek cerah seiring terus meningkatnya kebutuhan masyarakat membeli kendaraan bekas selain melalui showroom atau membeli langsung ke penjualnya.

Membaca peluang pasar tersebut, PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) memperluas jaringan bisnis lelangnya dengan mengoperasikan pool baru di kawasan Petukangan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2019).

Ari W. Andrian, General Manager Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) mengatakan, tren pasar mobil bekas menunjukkan tren meningkat. Permintaan mobil bekas di Indonesia mengikuti tren permintaan mobil baru. 

Pasarnya pun menurutnya juga cenderung stabil. "Rata rata per bulan bisa melelang 1.000 unit mobil. Menjelang Lebaran animo masyarakat mencari mobil stok mobil lelangan cukup tinggi. Mobil tipe MPV yang muat penumpang banyak yang paling banyak dicari," ujar Ari.

Pool baru ini merupakan yang terbesar yang dimiliki Auksi dan berdiri di atas lahan seluas 8.000 m2 dan sanggup menampung 500 mobil.

Baca: Ini Penjelasannya, Mengapa Laka Maut Sering Terjadi di Sekitar KM 91-92 Tol Purbaleunyi

Mobil-mobil bekas yang dilelang di Auksi umumnya adalah mobil eks kendaraan operasional kantor, serta eks kendaraan perusahaan rental. Selain jenis kendaraan penumpang, Auksi juga melelang kendaraan niaga seperti pick up, mobil boks blind van dan sebagainya.

Baca: Interview di SBS News: Benny Wenda Mengancam, Papua Bisa Menjadi The Next Timor Leste

Konsumen yang mengikuti lelang pun amat beragam. Selain pembeli individu, ada juga pembeli dari kalangan showroom mobil bekas yang sedang mencari stok baru maupun pembeli dari kalangan perusahaaan.

"Kita tidak pernah pilih pilih mobil untuk dilelang, termasuk mobil China. Kondisi pajak mati tetap bisa kami lelang, termasuk kendaraan bekas tabrakan. Semuanya kami lelang dalam kondisi apa adanya. Surat-surat kendaraan kami pastikan aman, tidak bermasalah secara hukum," ujarnya.

Ari menyatakan, untuk konsumen yang mengikuti lelang mobil, harus menyetor deposit senilai Rp 5 juta untuk satu unit mobil yang akan dibeli lewat proses lelang dan Rp 1 juta untuk lelang motor.

Jika dalam proses lelang, konsumen gagal menang, uang deposit tersebut akan dikembalikan sepenuhnya.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved