Sukiyat: Bima yang Dulu Esemka-nya Saya, yang Sekarang Solo Manufaktur Kreasi

Sukiyat merupakan inisiator pertama tercetusnya mobil Esemka yang dirakit pada 2012 lalu.

Sukiyat: Bima yang Dulu Esemka-nya Saya, yang Sekarang Solo Manufaktur Kreasi
Tribunsolo.com/Ryantono Puji Santoso
Inovator Kiat Esemka dan pemilik Kiat Motor Klaten, Haji Sukiyat, saat sesi wawancara dengan Tribunnews.com di Solo, Minggu (8/9/2019). Tribunsolo.com/Ryantono Puji Santoso 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bicara soal lika-liku Esemka tak lepas dari sosok yang bernama Sukiyat atau akrab disapa Kiat.

Pria asal Klaten, Jawa Tengah ini merupakan inisiator pertama tercetusnya mobil Esemka yang dirakit pada 2012 lalu.

Sukiyat pun sempat hadir bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika melakukan persemian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat (6/9/2019) lalu.

Menanggapi pabrik Esemka yang saat ini sudah resmi beroperasi dengan produk perdananya yakni, Bima 1.2 dan 1.3, Kiat turut mengucapkan selamat, dan meminta masyarakat ikut mengapresiasi mobil rakitan anak bangsa walau tak lagi dikuasainya.

"Saya ucapakan selamat, saya ini cukup inisiator saja. Mohon masyarakat Indonesia memberikan dukungan dan kesematan bagi produk anak bangsa berkreasi mewujudkan mobil. Dengan peresmian kemarin menandakan keseriusan menggarap Esemka" ujar Sukiyat saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/9/2019). 

Menurut Sukiyat, dirinya sebagai inisiator tak memiliki kapasitas untuk melakukan intervensi, apalagi status Esemka sudah di kelola oleh pihak swasta nasional.

Dia juga menjelaskan bila memproduksi mobil memang tidak mudah, karena selain kamampuan rancang bangun, dibutuhkan juga pendanaan untuk memulai penjualan.

Namun dia merasa bangga, bila akhirnya Esemka saat ini benar-benar bisa diluncurkan dan memasuki pasar otomotif. Kiat hanya meminta masyarakat agar bisa bersikap menghargai terhadap produk rakitan anak bangsa.

"Tidak perlu ribut-ribut, toh nantinya pasar sendiri yang akan menentukan produknya," ujarnya.

"Anak bangsa ini mencoba untuk berkreasi, dalam kontek membuat produk mobil, kasih kesempatan, masa iya harus terus bertani dan cangkul sawah terus," ujar pria yang juga penggagas kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes).

Baca: iPhone 11 Resmi Meluncur dengan Chip Terkencang di Dunia

Baca: Apple Luncurkan Layanan TV Streaming Harga Murah Meriah untuk Libas Netflix

Ketika menanyakan soal produk Bima, secara tegas Kiat menjelaskan Bima yang diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi saat ini berbeda dengan produk Bima garapannya dulu.

Baca: Diisukan Ada PHK Ratusan Karyawan, Apa yang Sebenarnya Terjadi di Bukalapak?

Sayang dia tak menjelaskan secara spesifik apa saja perbedaanya.

"Ya berebda, Bima dulu Esemka-nya saya, Bima yang sekarang Solo Manufaktur Kreasi. Tidak bisa disamakan gitu saja," kata Sukiyat.

Penulis : Stanly Ravel
Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Masih Ingat Sukiyat Inisiator Esemka, Ini Komentarnya soal Pabrik Esemka

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved