FDR Kenalkan Ban Pengirit Bahan Bakar di Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2019

Ban prototype FX1 yang diperkenalkan di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 didesain dengan kembangan dan konstruksi berbeda.

FDR Kenalkan Ban Pengirit Bahan Bakar di Ajang Kontes Mobil Hemat Energi 2019
HANDOUT
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang berlangsung di Universitas Negeri Malang (UM) pada 24-28 September 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ban selama ini terbukti menjadi salah satu komponen penting di kendaraan bermotor yang kikut berkontribusi dalam menghemat konsumsi bahan bakar melalui penggunaan material komponnya sampai desain dinding dan alur tapaknya.

PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), produsen ban FDR, memperkenalkan ban terbaru dengan teknologi penghemat bahan bakar di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang berlangsung di Universitas Negeri Malang (UM) pada 24-28 September 2019.    

Elsafan Rendianto, promotion department PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) menyatakan, tahun ini adalah tahun keempat FDR mendukung Kontes Mobil Hemat Energi. "Tahun ini kami hadir dengan ban prototype hemat energi baru untuk kelas Urban, yaitu FX1,” ujar Elsafan.

Elsafan menjelaskan, ban prototype FX1 didesain dengan kembangan dan konstruksi berbeda.

"Kembangannya dirancang untuk memberikan traksi lebih pada ban FX1 ini. Sedangkan untuk konstruksinya sendiri, ban FX1 ini juga punya tapak yang lebih datar yang lebih mirip dengan ban mobil,” ujar Jimmy Handoyo, technical service department head PT SRI.

Ban prototype FDR FX1 ini merupakan ban radial dengan kompon khusus EST atau eco smart tire yang punya low rolling resistance atau hambatan gelinding yang rendah.

Ban prototipe hemat energi 3454
Ban prototipe hemat energi baru untuk kelas Urban, FX1, diujicoba di ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang berlangsung di Universitas Negeri Malang, 24-28 September 2019.

Ban FX1 ditawarkan dalam 2 ukuran, yaitu 90/80 R17 TT dan 90/80 R16 TT untuk memenuhi kebutuhan tim-tim yang berlaga di KMHE.

Sejak 2016, FDR mendukung penyelenggaraan KMHE dengan menyediakan ban prototype FDR yang dibuat khusus event tersebut.  

Baca: Fahri Hamzah dan Budiman Sudjatmiko Resmi Angkat Koper dari Senayan

Dari hasil riset di ajang ini, FDR sudah mengeluarkan dua ban harian yang bisa menghemat bahan bakar, yaitu Facio EST dan Sport XR Evo EST yang kini dipasarkan di jaringan toko ban dan bengkel.

Baca: Jokowi Tak Menjawab Pertanyaan Wartawan tentang Penangkapan Musisi Ananda Badudu

Di KMHE 2019, ada 80 tim dari 45 perguruan tinggi yang turun bersaing dalam dua kelas yang diperlombakan, yaitu kelas Prototype dan kelas Urban.

FDR menyediakan 85 unit ban FX1 ukuran 90/80 R17 TT dan 45 ban FX1 ukuran 90/80 R16 TT untuk digunakan di kelas Urban.

“Di KMHE 2019 kami telah mempersiapkan mobil hampir 4 bulan , hasilnya tim juara di kelas Urban bensin,” kata Fikri Amanda Ramadhan, General Manager Tim Semar UGM.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved