Berapa Budget Servis ECU Mobil yang Terendam Banjir?

Electronic Control Unit (ECU) adalah salah satu komponen yang paling berpotensi rusak jika mobil terendam banjir

Berapa Budget Servis ECU Mobil yang Terendam Banjir?
Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah warga nekat melewati banjir yang merendam Jalan Kartini, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Arus lalu lintas di jalan tersebut lumpuh total, pemukiman warga, toko, hingga rumah sakit terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa serta kendaraan yang tidak sempat dievakuasi juga nampak terendam banjir hingga menutup seluruh badan mobil. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Electronic Control Unit (ECU) adalah salah satu komponen yang paling berpotensi rusak jika mobil terendam banjir.

Alasannya sederhana, ECU adalah bagian elektronik pada mobil yang mengatur kinerja keseluruhan mobil, mulai dari mesin, kelistrikan dan lain-lain.

Karena ECU merupakan bagian elektronik, otomatis sangat rentan bila terkena air.

"Karena ini bagian kelistrikan, ya semua komponennya berpotensi rusak," jelas Atak, Pemilik Bengkel Spesialis ECU, Atak ECU 2000.

Lalu, berapa sih biaya memperbaiki ECU di bengkel spesialis tersebut?

Baca: Power Steering Elektrik Bisa Jadi Rusak Kalau Mobil Terendam Banjir?

Kita ambil contoh, misalnya mobil yang terendam banjir adalah Toyota Avanza, biaya perbaikannya di atas Rp 1 juta.

"Untuk Avanza, kalau servis biasanya sekitar Rp 1,3 sampai Rp 1,5 juta, tergantung kerusakannya juga," kata Atak saat dihubungi (7/1/2020).

Sedangkan, untuk biaya penggantian unit biayanya lebih mahal lagi, bahkan dua kali lipat ketimbang biaya servis.

"Kalau ganti baru, biasanya sekitar Rp 3,5 juta. Tapi ini lagi habis semua stoknya. Jadi sementara kami gak bisa terima konsumen yang mau ganti unit," kata Atak

"Kalau untuk servis bisa kami layani. Tapi kalau untuk ganti baru, lebih baik konsumen cari ke tempat lain karena kami sudah kehabisan stok," ucapnya.

berita ini sudah tayang di gridoto berjudul Mobil Terkena Banjir, Siapkan Dana Segini untuk Servis ECU di Bengkel Spesialis

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved