Ramai Gosip Lampu Motor Jokowi Mati, Bagaimana dengan Negara Maju?

Soal waktu penerapan DRL, ternyata Indonesia tertinggal sangat jauh dengan negara-negara maju.

Ramai Gosip Lampu Motor Jokowi Mati, Bagaimana dengan Negara Maju?
Kompas/Wisnu Widiantoro
Pria Bertelanjang Dada hampiri Jokowi motoran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aturan lalu lintas soal penggunaan lampu kendaraan di siang hari memang bukan hal baru di Indonesia.

Aturan ini makin dibahas setelah dua mahasiswa mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi setelah ditilang karena lampu motor mati.

Padahal, Presiden Joko Widodo saat riding, lampu depan motornya juga mati. Alhasil, mereka tak terima.

Bagaimana sebenarnya aturan menyalakan lampu kendaraan di siang hari?

Aturan yang dimuat dalam UU LLAJ ini pertama kali dikeluarkan oleh Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 1988 lewat Giri Suseno Hadihardjono selaku Dirjen Perhubungan Darat waktu itu.

Selanjutnya peraturan mengenai Daytime Running Light (DRL) pertama kali diuji coba awal tahun 2005 di Surabaya, Jawa Timur dan diterapkan pertama kali 4 Desember tahun 2006 dengan tanpa sanksi bagi yang melanggar.

Akhirnya peraturan DRL mulai berjalan efektif, setelah UU No. 14 Tahun 1992 direvisi menjadi UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Soal waktu penerapan DRL, ternyata Indonesia tertinggal sangat jauh dengan negara-negara maju.

"Di negara-negara maju aturan DRL sudah diterapkan 40 tahun yang lalu, jadi semua mobil dan motor di negara maju itu begitu engine hidup lampu otomatis langsung menyala," kata Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Minggu (12/1/2020).

"Hal tersebut bisa dilihat pada mobil atau motor built up (CBU) zaman dulu di Indonesia yang berasal dari negara maju seperti dari benua Eropa, itu lampunya otomatis menyala semua sebelum aturan itu berlaku di sini," tambah Jusri.

Baca: Ali Ngabalin Sebut Jokowi Punya Privilege Jadi Tak Perlu Nyalakan Lampu Saat Naik Sepeda Motor

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved