Breaking News:

All New Honda Jazz Siap-siap Menjelma dengan Mesin Hybrid

Dengan bermodalkan pengalaman dari tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid.

IST
Honda Motor Europe Ltd. akan menerapkan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap untuk model terbaru All New Honda Jazz, yang akan diluncurkan akhir tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Honda Motor Europe Ltd. akan menerapkan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap untuk model terbaru All New Honda Jazz, yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Upaya ini dilatarbelakangi pengalaman tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

Mesin terbaru dari Honda Formula 1, berkode RA620H  memiliki kapasitas 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Sistem hybrid di mesin ini memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan. 

Baca: Asyik! Honda CR-V Black Edition Meluncur di Jepang, Banderolnya Rp 500 Jutaan

Pada musim balap lalu, mesin hybrid Honda telah membantu tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso meraih tiga kali kemenangan dan enam podium.

Baca: Update Harga Terbaru Mobil Murah Seken Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya

Yasuaki Asaki sebagai Head of PU Development menjelaskan, di sepanjang balap Formula 1, tim Honda dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap.

Baca: Lagi Cari Hatchback Seken? Ini Update Harga Terbaru Mobkas Honda Jazz, Toyota Yarus dan Suzuki Swift

"Namun, ada beberapa situasi di mana kami berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa, atau situasi sebaliknya di mana kami ingin menghemat lebih banyak bahan bakar, misalnya saat mobil kami sedang berjalan di belakang safety car," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/6/2020).

Di mesin e:HEV yang pihaknua rancang mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved