Breaking News:

IMI Batalkan Kejuaraan Balap ITCR Musim 2020, Tim Honda Racing Tetap Gelar Latihan

Honda Racing Indonesia juga memutuskan tidak menurunkan pebalap di ajang balap nasional bergengsi ITCR musim 2020.

KOMPAS.COM/Dio Dananjaya
Tim Honda Racing Indonesia untuk musim balap 2020 saat diperkenalkan ke media bulan November 2019. Tim ini semula akan diturunkan di kelas balap 1.200 cc dengan menggunakan All New Brio. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat banyak agenda balap dunia dibatalkan dan ditunda. Begitu juga halnya di Indonesia.

Induk olahraga bermotor di Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI) telah memutuskan menghapus agend kejuaraan balap nasional ITCR khusus musim 2020 karena alasan pandemi tadi.

Honda Racing Indonesia, salah satu tim balap yang disponsori agen pemegang merek (APM) di ajang kejuaraan nasional ITCR, juga memutuskan tidak menurunkan pebalap di ajang balap nasional bergengsi ini.

"Honda juga memutuskan untuk tidak menggelar kejuaraan Honda Jazz Speed Challenge, Honda Brio Speed Challenge, serta Brio Saturday Night Challenge pada musim 2020 ini," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, Rabu, 29 Juli 2020.

Billy menjelaskan, keputusan tersebut diambil dengan mengacu pada arahan pemerintah agar semua pihak tidak menggelar aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar demi mencegah makin meluasnya virus Covid-19.

Namun Yusak Billy menekankan, meski tidak menurunkan tim balap ke sirkut balap nasional musim 2020 ini, pihaknya tetap akan menggelar latihan secara rutin dengan melibatkan semua anggota tim Honda Racing Indonesia.

"Kami akan tetap fokus untuk mempersiapkan tim Honda Racing Indonesia dan merancang aktivitas balap yang semakin seru dan menantang di musim mendatang," kata dia.

Yusak Billy menambahkan, pihaknya akan terus memantau kondisi terkini untuk dapat memfasilitasi para pembalap di tim balapnya agar bisa konsisten berlatih dan mempersiapkan diri menjelang musim balap tahun depan.

Baca: Pandemi Masih Tinggi, Musim 2020 Honda Fokus ke Aktivitas Balap Digital

"Kita selalu berusaha ikuti perkembangan terkini. Sekarang balap nasional kan tidak ada yang boleh mengumpulkan orang dalam jumlah banyak dan itu juga bukan direction kami. Tapi pengembangan (tim balap) kita tetap jalan, latihan juga tetap jalan."

"Semua itu kita serahkan ke mas Alvin (Alvin Bahar, pembalap senior Honda Racing Indonesia), strategi apa yang dilakukan," ungkapnya di acara diskusi virtual dengan media hari ini.

Baca: Aura Kompetisi Makin Panas di Seri Kedua Honda Racing Simulator Championship

Dari tahun ke tahun, Honda memang menjadi salah satu tim yang konsisten  berpartisipasi di berbagai ajang balap nasional termasuk ITCR.

Tim Honda Racing Indonesia pernah meraih sukses dengan merebut gelar juara nasional melalui pembalap Alvin Bahar di musim 2019 lalu.

Sebagai pabrikan mobil, Honda juga rutin menggelar ajang one make race alias balapan yang hanya diikuti oleh satu merek kendaraan, yakni Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge.

Honda juga menggelar kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge yang terbuka untuk umum.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved