Breaking News:

DAMRI Mataram Uji Coba Operasi Bus untuk Penyandang Disabilitas

Kehadiran Bus Disabilitas NTB Gemilang akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat.

IST
Bus DAMRI untuk penyandang disabilitas NTB Gemilang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan DAMRI melakukan uji coba Bus Disabilitas NTB Gemilang yang mulai beroperasi pada Jumat (2/10/2020).

Bus Disabilitas NTB Gemilang DAMRI Mataram merupakan bagian kelanjutan dari komitmen DAMRI untuk menghadirkan inovasi agar seluruh masyarakat dapat menikmati mobilitas yang nyaman dan aman dengan transportasi bus.

Transportasi khusus ini merupakan yang pertama di NTB dan yang kedua di Indonesia.

Pada tahap awal, layanan sudah beroperasi di Kota Mataram guna melayani rute antar Sekolah Luar Biasa (SLB) dan ke depannya bisa ke semua wilayah NTB.

Bus Disabilitas NTB Gemilang berkapasitas 30 kursi dengan 10 untuk pengguna kursi roda dan 20 kursi biasa dengan sasis Hino R260.

Bus dilengkapi dengan fasilitas tangga hydraulic otomatis dan ruang khusus pengguna kursi roda sebanyak 10 titik.

Selain didesain khusus untuk kenyamanan sahabat disabilitas, bus tersebut juga memiliki karakteristik torsi yang tinggi sejak putaran rendah, sehingga akan dapat mengefisienkan pemakaian bahan bakar.

Baca: Bus Putra Pelangi Alami Kecelakaan Tunggal di Tol Tebingtinggi-Medan, Satu Tewas dan Belasan Luka

Waktu operasional dari Pool DAMRI Sweta Mataram dimulai pukul 06.30 WITA dengan waktu tiba di Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 08.00 WITA.

Untuk rute sebaliknya, dari Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 12.00 WITA dengan waktu tiba di Pool DAMRI Sweta Mataram pukul 14.00 WITA, dengan tidak dipungut biaya atau tarif gratis.

Baca: Kecelakaan Maut di Wonosobo. Bus Wisata Lawan Enm Kendaraan Lain Tewaskan 4 Orang

Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin mengatakan, kehadiran Bus Disabilitas NTB Gemilang akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan darat.

Selain itu juga mendorong tren permintaan perjalanan darat dengan kesungguhan DAMRI dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan serta pelaksanaan sebagaimana mengikuti pedoman protokol kesehatan.

DAMRI juga tetap menjalankan dan menekankan protokol kesehatan kepada seluruh karyawan dan pelanggan dalam setiap operasional bus.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved