Breaking News:

Truk Dimodifikasi Wheelbase-nya Biar Panjang dan Muat Banyak, Begini Tanggapan Isuzu

Umumnya, cara mengakali kapasitas atau volume muatan standar yang direkomendasikan oleh pabrikan adalah dengan memperbesar volume bak belakang. C

Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Truk ringan Isuzu Elf NMR 71 empat ban saat dipamerkan di booth Isuzu di pameran otomotif GIIAS 2018 di BSD City, Tangerang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski Kementerian Perhubungan sudah memberlakukan larangan truk overdimensi dan overload (ODOL) melintas di jalan raya, faktanya masih mudah ditemukan truk-truk angkutan barang dengan dimensi bak melebihi ketentuan.

Hal itu misalnya, bisa kita temukan pada truk-truk ekspedisi lintas pulau dan antarkota serta truk-truk angkutan material atau biasa disebut dumptruck.

Umumnya, cara mengakali kapasitas atau volume muatan standar yang direkomendasikan oleh pabrikan adalah dengan memperbesar volume bak belakang. Caranya dengan menambah lebar atau meninggikan bak. 

Cara lainnya yang mudah ditemukan adalah memperpanjang wheelbase (jarak pijak roda depan dengan roda belakang) atau julur belakang (rear overhang) dengan menambahkan panjang chassis truk di bengkel-bengkel tertentu.

Bagaimana tanggapan Isuzu?

Thomas Aquino Wijanarka, Instructor Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, di acara diskusi virtual dengan media, Jumat (13/11/2020) mengatakan, hal tersebut seharusnya tidak dilakukan karena melanggar ketentuan Pemerintah tentang aturan truk ODOL.

Baca juga: Ketatnya Persaingan Usaha Menjadi Alasan Pengusaha Angkutan Barang Menggunakan Truk ODOL

"Itu kami kebalikan lagi yang seharusnya mengikuti peraturan dari pemerintah, tidak melanggar ODOL (Over Dimension Over Load)," ujar Thomas.

Thomas menjelaskan, truk ODOL bisa berisiko memicu terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Kemenhub Minta Pengusaha Angkutan Logistik Tidak Gunakan Truk ODOL

"Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan, bisa jadi rem blong, bisa jadi over load dan lain-lain. Bagi kami, kembali patuhi peraturan ODOL, rawat kendaraan Anda supaya layak jalan," ujar Thomas Aquino. 

Karena truk merupakan alat kerja, Thomas menegaskan harus selalu dilakukan perawatan berkala.  

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved