Breaking News:

Bahaya, Jangan Gunakan Persneling Gigi Tinggi Saat Mengemudi di Jalan Menurun

Memindahkan transmisi ke gigi yang lebih tinggi padahal posisi kendaraan melaju di jalanan menurun tidak disarankan.

Tribunjualbeli.com
Jalan menurun 

TRIBUNNEWS.COM - Mengemudikan kendaraan roda empat tidak hanya perlu mematuhi rambu-rambu lalu lintas saja, tetapi juga harus menguasai medan atau jalan yang dilewati.

Misalkan saja berkendara di jalanan perbukitan di mana banyak jalur naik dan turunan tajam serta panjang.

Pengemudi harus pandai mengatur putaran mesin untuk mencegah agar tidak terlalu sering menggunakan rem.

Hanya saja, terkadang masih ada pengemudi mobil yang mengabaikan mengenai posisi gigi transmisi ketika melaju di jalanan menurun.

Contoh, nekat menggeser ke gigi yang lebih tinggi dengan alasan mengurangi getaran mesin ketika gigi transmisi berada di gigi rendah.

Padahal, memindahkan transmisi ke gigi yang lebih tinggi padahal posisi kendaraan melaju di jalanan menurun tidak disarankan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat melaju di jalanan menurun yang curam sebaiknya jangan menggunakan gigi tinggi.

“Karena untuk membantu pengereman dengan engine brake, yang dikhawatirkan kalau hanya mengandalkan sistem rem pada roda bisa overheat dan bisa terjadi vapor lock (masuknya uap air ke saluran pengereman), “ kata Didi kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Didi menambahkan, ketika transmisi yang awalnya gigi rendah kemudian di ganti ke gigi yang lebih tinggi padahal kondisi jalan menurun justru akan mengurangi daya engine brake.

“Kalau meluncurkan dengan gigi yang lebih tinggi akan mengurangi daya engine brakenya,” ucapnya.

Ke Halaman 2 ==>

Penulis: Andra Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved