Era Mobil Listrik Murni Bisa Cepat Terealisasi Lewat Cara Ini

Riyanto mengatakan mempercepat era kendaraan listrik, para pengusaha dapat menyasar pemerintah sebagai konsumen pertama.

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Edmunds
All New Nissan Kicks e-Power. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produsen kendaraan di Indonesia tengah berlomba-lomba memperkenalkan inovasi kendaraan listriknya.

Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah Indonesia yang ingin mendorong penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Peneliti Pilih Plug in Hybrid Layaknya Nissan Kicks e-Power untuk Masuki Era Mobil Listrik Murni

Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto mengatakan mempercepat era kendaraan listrik, para pengusaha dapat menyasar pemerintah sebagai konsumen pertama.

"Untuk saat ini paling tidak produsen bisa mensuplai untuk customer fleet atau dari pemerintah. Yang jumlahnya cukup besar sebenarnya, terutama untuk sepeda motor," tutur Riyanto saat diskusi online, Kamis (26/11/2020).

Khusus untuk sepeda motor, Riyanto melihat akan lebih cepat beradaptasi ketimbang mobil.

"Kalau sepeda motor produsennya di Indonesia kan sudah ada seperti Gesit dan Viar," imbuhnya.

Kemudian, pemerintah juga perlu mendorong penggunaan kendaraan listrik, baik sepeda motor dan mobil di transportasi online.

"Pemerintah juga harus mendorong seperti taksi Blue Bird, taksi-taksi online yang lainnya. Itu harus mulai mengkonversi kendaraannya ini ke listrik," terangnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved