Breaking News:

4 Fakta Tentang Mobil Listrik, Mobil Masa Depan

Sebagai gambaran keunggulan mobil listrik, mari berkaca pada Hyundai yang baru meluncurkan Hyundai IONIQ Electric dan KONA Electric.

freepik.com
Pengisian daya mobil listrik. 

TRIBUNNEWS.COM - Bukan rahasia lagi jika kehadiran mobil listrik sebagai mobil masa depan. Berdasarkan kajian yang dilakukan Institute for Essential Services Reform (IESR), Julius C. Adiatma menjelaskan, “masuknya kendaraan listrik pada pasar mobil penumpang dan sepeda motor memiliki potensi menurunkan emisi GRK dari sektor transportasi darat, terutama dari penggunaan kendaraan pribadi.”

Menggunakan baterai sebagai sumber energi utama membuat mobil listrik murni terbebas dari emisi (zero-emission) yang tentunya membuat lingkungan di sekitar lebih sehat. Ditambah lagi, pengguna tidak perlu khawatir karena teknologi baterai pada mobil elektrik sangatlah aman.

Meski demikian, banyak masyarakat yang masih enggan dan ragu untuk berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik. Padahal, menggunakan mobil listrik sebagai solusi mobilitas masa depan menghadirkan banyak kelebihan lain untuk penggunanya.

Sebagai gambaran keunggulan mobil listrik, mari berkaca pada Hyundai yang baru meluncurkan Hyundai IONIQ Electric dan KONA Electric.

Menggunakan teknologi baterai

Menggunakan baterai berbahan dasar Lithium Ion Polymer, baterai pada IONIQ Electric mempunyai kapasitas sebesar 38, 3 kWh dan KONA Electric sebesar 39,2 kWh. Tidak perlu khawatir saat melakukan pengisian daya, teknologi baterai pada mobil elektrik Hyundai sangatlah aman karena dilengkapi dengan empat langkah pengamanan.

Pertama, pada bagian luar menggunakan desain khusus berlapis keramik yang mampu menahan benturan di bagian inti. Selanjutnya, baterai dilengkapi dengan vehicle cooperative control yang langsung terhubung pada bagian motor listrik, sehingga sangat responsif apabila terjadi korsleting akibat tegangan tinggi.

Terakhir, fitur perlindungan pada sistem manajemen baterai dapat mencegah hal yang tidak diinginkan pada saat pengisian daya. Bila terdeteksi ada yang tidak sesuai pada baterai, maka sistem akan langsung mematikan aliran listrik.

Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan regenerative brake system yang memungkinkan baterai dapat mengisi ulang secara mandiri dengan memanfaatkan daya kinetik saat terjadi pengereman. Tak lupa, baterai sangat tahan lama dan juga lengkap dengan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km.

Lebih untung
Menggunakan baterai sebagai sumber energi utama, membuat mobil listrik murni terbebas dari emisi (zero-emission). Mobil listrik murni juga lebih hemat 4x bila dibandingkan dengan mobil bermesin diesel maupun bensin, bahkan masih kompetitif bila dibandingkan dengan mobil berjenis hybrid sekalipun.

Berdasarkan perhitungan biaya penggunaan listrik (R2-R3), IONIQ Electric dan Kona Electric mempunyai efisiensi listrik 0.138 kWh/Km dan 0.150 kWh/Km, dan mampu menempuh jarak sejauh 373 km dan 345 km.

Selain itu, mobil listrik murni juga banyak memberikan keuntungan. Pengguna mobil listrik murni dapat menikmati gratis BBN (Bea Balik Nama), biaya perpanjangan STNK yang lebih murah jika dibandingkan mobil lain yang harganya sama, dan tentunya terbebas dari peraturan ganjil-genap.

Pengisian baterai mudah dan fleksibel
Semakin terbukanya industri otomotif dengan mobil listrik seperti saat ini membuat masyarakat tidak perlu repot untuk melakukan pengisian daya baterai mobil listrik.

Pemerintah pun telah membangun sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan pengguna mobil listrik dan terus mengembangkannya bersama perusahaan otomotif, seperti Hyundai Motors Company.

hyundai-141220-1
Pengisian baterai Hyundai IONIQ di SPKLU.

Selain itu, untuk pengisian daya mobil listrik juga dapat menggunakan in-cable control box (ICCB) / portable charger yang didesain khusus untuk dapat terhubung dengan stop kontak standar di dalam rumah dan dimana saja.

Perawatan, garansi, dan purna jual

Untuk biaya pemeliharaan dan perawatan, mobil listrik juga tidak banyak ‘jajan’. Komponennya yang lebih sedikit daripada mobil pada umumnya membuat perawatan mobil listrik lebih simple dan murah, serta tidak membutuhkan biaya ganti oli, mesin, transmisi dll.

Ditambah lagi, dengan ketersedian dealer yang mumpuni untuk melakukan service berkala, tentu memudahkan Anda sebagai pengguna mobil listrik. Hal ini kerap dilakukan Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang siap sedia menjadi garda depan bagi mobil masa depan.

"Semua dealer di Indonesia sudah disiapkan untuk bisa lakukan perawatan dan perbaikan kendaraan-kendaraan elektrik. Sudah disiapkan, berkapabilitas mumpuni, dan sudah siapkan alat, spare parts, di semua dealer agar bisa layani pelanggan," jelas General Manager Service PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Putra Samiaji.

Hyundai juga menyajikan promo spesial bagi Anda yang bertransaksi melalui Click to Buy, berkesempatan mendapatkan AC Charger dan Gift Card senilai Rp300 Ribu.

Yuk, jalani hidup dengan mobilitas masa depan bersama Hyundai IONIQ dan Hyundai KONA! Untuk info lebih lanjut bisa cek di sini atau di Instagram @hyundaimotorindonesia dan Facebook Hyundai Motors Indonesia.

Admin: Sponsored Content
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved