Breaking News:

Tips Otomotif

Bingung Saat Ganti Ban Mobil, Kenali Tanda Ini Agar Tepat Saat Memilihnya

Ketika ban sudah mencapai usia tiga tahun, elastisitasnya akan jauh berkurang, daya cengkeramnya juga sudah jauh berkurang.

IST
Ilustrasi ban kendaraan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kita kadang kurang memiliki pengetahuan memadai seputar ban kendaraan dan menyebabkan kita bingung kapan harus mengganti ban dan ban seperti apa yang harus dibeli. 

Promo ban murah terkadang juga menggoda agar kita bisa mengganti yang lama dengan yang baru. Namun, jangan terburu-buru membeli ban yang sedang promo.

"Kadang kita juga lihat ada promo ban murah. Jangan buru-buru borong, karena yang perlu kita tahu adalah bahwa setiap ban itu ada tahun produksi," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang DKI 1, Indah Yuliana saat acara virtual Tanya Bengkel, Kamis (31/12/2020).

Sebagai calon pembeli harus tahu kapan ban itu diproduksi. "Nah di situ kita harus hati-hati. Kalau tahunnya terlalu lama, sebaiknya tidak membeli walaupun dengan harga diskon yang cukup besar," ujarnya.

Dia mengatakan, jika ban promo yang dijual telah memasuki tahun kedua usai produksi, sebaiknya tidak dibeli.

Dia mengatakan, usia pakai ban di kendaraan idealnya untuk jangka waktu tiga tahun.

"Tapi ketika kita beli dengan tahun produksi dua tahun ke belakang, sebaiknya jangan dibeli," imbuhnya.

Ketika ban sudah mencapai usia tiga tahun, elastisitasnya akan jauh berkurang, daya cengkeramnya juga sudah jauh berkurang.

"Karena fungsi ban ini adalah untuk keselamatan dan kenyamanan. Jadi pada saat usia bannya sudah lewat dari tiga tahun, di sarankan untuk ganti. Karena makin lama, ban itu bisa getas juga lho," jelas Indah.

Halaman
12
Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved