Breaking News:

Bambang Soesatyo Promosikan Sepeda Motor Listrik Bike Smart

Bike Smart mampu menempuh jarak 80 kilometer dalam kondisi daya baterai penuh.

TRIBUNNEWS/HARI DARMAWAN
Motor listrik Bike Smart yang sedang dikembangkan Bambang Soesatyo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo kini sedang menyiapkan sepeda motor listrik dengan harga terjangkau dengan nama Bike Smart untuk pasar Indonesia.

Menurut Bambang Soesatyo 70 persen komponen Bike Smart diproduksi di dalam negeri.

"Kita lagi siapkan motor listrik yang bisa dijual di bawah Rp 10 juta. Motor listrik ini, komponennya diproduksi dalam negeri mulai dari jok, lampu, bodi hingga ban," kata Bamsoet dalam wawancara bersama Tribunnews," Minggu (21/2/2021).

Ia menyebutkan, komponen motor listrik tersebut hanya dinamo dan baterainya saja yang impor dari luar negeri. Tetapi selebihnya komponen lain, diproduksi oleh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam negeri.

"Saat ini masih dalam proses uji tipe, dan kita sudah menyiapkan 800 unit untuk nanti dapat dipasarkan," ujar Bamsoet.

Baca juga: Ketua Umum IMI: Jepang Berpeluang Besar Garap Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Terkait kemampuannya, Bamsoet menjelaskan, Bike Smart mampu menempuh jarak 80 kilometer dalam kondisi daya baterai penuh.

Menariknya lagi, ia menyebutkan bahwa motor listrik ini dapat dimodifikasi baterainya dan dapat diganti dengan kapasitas daya yang lebih besar.

Baca juga: Pengalaman Ketua IMI Bambang Soesatyo Gunakan Mobil Listrik, Lebih Praktis dan Irit

"Jadi kalau tidak puas dengan daya tempuh 80 kilometer, bisa upgrade baterai yang lebih besar untuk jarak tempuh yang lebih jauh," kata Bamsoet.

Motor listrik bernama Bike Smart ini, lanjut Bamsoet, diproyeksi untuk para anak muda dan juga masyarakat yang bekerja sebagai ojek online.

"Dengan motor ini, tentunya dapat menghemat pengeluaran mereka. Contohnya para ojek online, bila menggunakan Bike Smart ini bisa menghemat Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu per hari," ujar Bamsoet.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved