Breaking News:

Elon Musk Bikin Sayembara, 100 Juta Dollar AS untuk Siapa Saja yang Bisa Hilangkan Emisi Karbon

Elon Musk menyatakan, sayembara ini akan berlangsung selama empat tahun hingga Hari Bumi tahun 2025.

FREDERIC J. BROWN / AFP
Co-founder dan CEO Tesla Elon Musk. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak henti-hentinya bos Tesla dan SpaceX Elon Musk membuat sensasi sambil menjanjikan sejumlah hadiah bagi siapapun yang berminat mengambil tantangannya.

Baru-baru ini, tepatnya pada hari Kamis (22/4/2021) lalu, Musk membuat sayembara bagi siapapun yang mempunyai mis untuk menyelamatkan bumi. Musk menjanjikan hadiah senilai 100 Juta Dollar AS bagi siapapun yang mampu menemukan cara-cara menghilangkan emisi karbon dari muka bumi.

Meski sayembara itu akan mustahil dilakukan seorang diri, Musk mengatakan janjinya itu dia deklarasikan untuk peringatan Hari Bumi.  Sayembara ini akan berlangsung selama empat tahun hingga Hari Bumi tahun 2025.

Baca juga: Teknologi Autopilot Tesla Kembali Bermasalah, Elon Musk Menyangkal Lagi di Twitter

"Saat ini kita hanya punya satu planet. Ada peluang bencana 0,1%, mengapa harus menanggung risiko itu? Itu gila," ungkap Musk, seperti dikutip CBS News, Minggu (25/4/2021).

Tak hanya itu, Musk kembali mengumbar perihal nominal hadiah yang kemungkinan bertambah. Ia berjanji hadiah bisa bertambah seiring berjalannya waktu nanti, dengan harapan akan ada banyak pihak yang berusaha lebih keras untuk memerangi emisi karbon Bumi ini.

Baca juga: Parah, Fitur Autopilot Tesla Ternyata Bisa Dikelabui Tanpa Pengemudi

Sayembara ini ia namakan XPRIZE Carbon Removal oleh Elon Musk ini bertujuan untuk menemukan solusi yang layak untuk mengeluarkan 1.000 ton karbon dari atmosfer setiap tahun. Program itu juga tempampang jelas di situs SpaceX sebagai bagian program penyelamatan bumi oleh perusahaan stasiun antariknya itu.

Persyaratan untuk mengikuti sayembara ini cukup sederhana. Setiap peserta yang berminat diharapkan bisa menunjukkan metode dan blueprint yang mampu menyerap karbon setidaknya selama seratus tahun.

Kabarnya, pihak penyelenggara akan memberi tahu lebih detil dan teknis sayembara ini pada bulan Mei nanti.

Sebelumnya pada Senin (19/4/2021) lalu, XPRIZE telah mengumumkan dua pemenang dari kompetisi lain terkait teknologi untuk menyembunyikan emisi dari pembangkit listrik menjadi beton. Hadiah senilai 20 juta dollar AS juga telah diberikan kepada CarbonCure Technologies, sebuah pengembang teknologi karbon di Kanada dan didukung oleh dana terpisah oleh Bill Gates hingga Amazon.com.

Proyek tersebut berfokus pada upaya penangkapan karbon yang memengaruhi perubahan iklim.

XPRIZE berupaya untuk memperbaiki iklim bumi yang semakin panas membuat banyak pihak kini semakin fokus mencari cara untuk menangkap dan mengolah emisi karbon dengan baik. Akibat dari pemanasan global itu gletser di kutub mencair, meningkatkan potensi badai tropis, hingga banjir besar di banyak wilayah pesisir.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved