Breaking News:

Perkuat Segmen Mobil Listrik, Hankook Jadi Ban Resmi EV Sport Car Audi

Hankook secara resmi menjadi mitra untuk mobil listrik milik produsen mobil premium asal Jerman Audi, untuk tipe Audi e-tron GT.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
hankook
Hankook secara resmi menjadi mitra untuk mobil listrik milik produsen mobil premium asal Jerman Audi, untuk tipe Audi e-tron GT. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Pasar mobil listrik terus tumbuh dalam beberapa tahun ini dan pertumbuhannya pun lebih cepat dibandingkan kategori mobil lainnya.

Di Eropa sendiri, pasar mobil listrik mengalami kenaikan hingga 138 persen di tahun 2020.

Dengan potensi tersebut, produsen ban global Hankook Tire terus melakukan ekspansi pasar Original Equipment (OE) untuk mobil listrik.

Baca juga: Avanza Terbaru Dikabarkan Segera Rilis, Begini Tanggapan Toyota

Baru-baru ini, Hankook secara resmi menjadi mitra untuk mobil listrik milik produsen mobil premium asal Jerman Audi, untuk tipe Audi e-tron GT.

Ban Hankook yang khusus dikembangkan untuk mobil listrik, Ventus S1 evo 3 ev, terpilih sebagai ban resmi untuk Audi e-tron GT ex works.

"Ban Hankook membawa kekuatan berkendara yang tinggi bagi Audi e-tron GT saat meluncur di jalanan dan di waktu yang sama juga memberikan resistensi gulir yang rendah sebagai kunci bagi efisiensi dan kemampuan jarak yang jadi keunggulan mobil listrik. Kami bangga dengan hasilnya," tutur Wakil Presiden Eksekutif dan Direktur Divisi OE Jeongho Park melalui keterangan resmi, Senin (5/7/2021).

Baca juga: Honda Civic Turbo Milik Option Platinum Banjarmasin Jadi Jawara Kenzie Auto Contest 2021

Dengan ukuran ban 225/55R19 XL 103Y dipasang di bagian roda depan, sementara ban ukuran 275/45R19 XL 108Y di bagian roda belakang, Ventus S1 evo 3 ev sendiri telah melalui berbagai penyempurnaan teknis agar memungkinkan performa mobil sport listrik semakin maksimal.

Untuk mendukung Audi e-tron GT, pola tapak Ventus S1 evo 3 telah diadaptasikan secara khusus untuk meredam kebisingan ban hingga sekitar 3 desibel.

Ini sangat penting, karena suara mesin mobil listrik telah diredam, maka suara gesekan jalan dan ban dianggap lebih keras.

Selanjutnya, untuk mengantisipasi tekanan tinggi yang dihasilkan performa kendaraan yang kuat, ban mobil listrik Hankook didukung dengan teknologi bead-packing dan kekakuan lateral tinggi demi memberikan handling yang tepat bahkan saat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Kabin Mercedes Benz New GLA 200 AMG Line Diklaim Makin Luas

Dengan karakteristik mobil Grand Turismo seperti Audi e-tron GT yang sporty, ban menjadi komponen penting guna memberikan kenyamanan berkendara bahkan untuk digunakan jarak jauh.

Untuk memenuhi kebutuhan spesifik bagi mobil listrik seperti Audi e-tron GT, para pengembang produk Hankook juga telah mengoptimasi proses vulkanisasi untuk kompon ban berdasarkan pengaplikasiannya untuk memastikan keseimbangan antara suhu, waktu dan tekanan.

Hasilnya, daya tahan Ventus S1 evo 3 ev lebih baik sekitar 30 persen dibandingkan dengan standar tapak kompon ban.

Kinerja abrasi juga telah ditingkatkan hingga 5 persen dibandingkan model konvensionalnya dan keseluruhan hambatan gulir juga telah dikurangi hingga 13 persen.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved