Breaking News:

Pengamat Energi: Pakai Pertamax Kinerja Mesin Lebih Optimal

Mamit mengatakan BBM berkualitas seperti Pertamax justru lebih hemat dan banyak manfaatnya.

teknik-otomotif.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebut menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan angka oktan atau Research Octane Number (RON) tinggi, misal Pertamax jauh lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan BBM dengan RON rendah.

Mamit mengatakan BBM berkualitas seperti Pertamax justru lebih hemat dan banyak manfaatnya.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Premium, Pertalite, dan Pertamax Memiliki Warna Berbeda

Terutama dari sisi mesin dan jarak tempuh kendaraan. Pertamax memang memiliki angka oktan tinggi. Diketahui jenis Premium memiliki RON 88, Pertalite RON 90, Pertamax RON 92, dan Pertamax Turbo RON 98.

Baca juga: KPBB: Kedepankan Pertamax Turbo untuk Bahan Bakar Ramah Lingkungan

"Banyak sekali manfaatnya, dari sisi mesin, menggunakan RON tinggi otomatis kinerja lebih optimal. Kompresinya. Hal ini menyebabkan jarak tempuh kendaraan lebih jauh, sehingga masyarakat lebih jarang beli BBM," tutur Mamit kepada Tribunnews.com, Kamis (19/8/2021).

Mamit berujar dengan angka oktan yang tinggi ini membuat pembakaran menjadi lebih sempurna dan tidak meninggalkan residu. Selain itu, Perta Series juga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Pakai Pertamax, Mesin Motor Aman Bebas Ngelitik

"Maka ini salah satu upaya kita mendukung pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Apalagi Indonesia terikat Persetujuan Paris atau Paris Agreement, yang salah satunya mengurangi emisi gas rumah kaca," ujar Mamit.

Menurut Mamit, BBM dengan RON tinggi dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Karena itu, ucap Mamit, Pertamax merupakan BBM yang pas untuk menjadi pilihan utama.

"Pertamax memang sudah paling pas saat ini. Untuk menjadi salah satu bahan bakar utama. Manfaat cukup besar untuk konsumen," kata Mamit.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved