Breaking News:

Kenali Jenis-Jenis Helm dan Kegunaannnya, dari Full Face Sampai untuk Medan Offroad

Helm menjadi peranti wajib yang harus dikenakan pengendara motor untuk mencegah risiko cedera pada kepala. 

Editor: Choirul Arifin
dok. DAM
Contoh pemakaian helm full face yang benar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam berkendara terutama di jalan raya, helm menjadi peranti wajib yang harus dikenakan pengendara motor untuk mencegah risiko cedera pada kepala. 

Pada dasarnya, helm berfungsi untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital yaitu otak kepala apabila terjadi kecelakaan. Helm yang digunakan juga disarankan sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma Robby menjelaskan, helm adalah salah satu fitur keselamatan penting saat mengendarai sepeda motor.

Walaupun kita berkendara dengan jarak yang dekat wajib mengenakan helm.

Pengendara juga perlu memahami jenis-jenis helm dan fungsinya yang aman serta nyaman saat berkendara kemanapun, berikut adalah jenis-jenisnya :

1. Helm Full Face

Helm jenis ini merupakan salah satu helm yang paling aman digunakan, karena helm ini benar-benar melindungi bagian otak belakang, rahang, dan bagian wajah kita apabila terjadi kecelakaan.

Biasanya helm full face ini dipakai oleh para pembalap motor dan juga bikers yang hobi melakukan perjalanan touring dengan jarak tempuh yang jauh.

Baca juga: Agar Terhindar dari Risiko Cedera, Pelajari Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

“Namun tidak ada salahnya digunakan di dalam kota karena helm full face aman untuk meminimalisir resiko ketika mengalami kecelakaan,” kata Ludhy, Senin (30/8/2021).

2. Helm Open Face

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved