Breaking News:

GIIAS 2021

GIIAS 2021 Resmi Dibuka, Gaikindo Ungkap Indonesia Berhasil Swasembada Kendaraan

Dengan dukungan pemerintah melalui kebijakan PPnBM Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP pencapaian industri otomotif menorehkan hasil yang cukup baik.

Penulis: Lita Febriani
Tribunnews/Hari Darmawan
Booth Hyundai Motors di GIIAS 2021 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka oleh Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021).

Pameran bertaraf internasional ini akan berlangsung selama 11 hari, mulai 11-21 November 2021.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, dalam sambutannya mengungkap saat ini Indonesia telah berhasil berswasembada kendaraan bermotor.

"Saat ini Indonesia telah Swasembada kendaraan bermotor, karena selama beberapa tahun ini kebutuhan domestik kendaraan bermotor telah mampu dipenuhi oleh industri otomotif Indonesia, bahkan berhasil memenuhi kebutuhan pasar ekspor," tutur Nangoi saat pembukaan, Kamis (11/11/2021).

Dengan dukungan pemerintah melalui kebijakan PPnBM Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP pencapaian industri otomotif menorehkan hasil yang cukup baik.

Kendaraan-kendaraan yang mendapatkan relaksasi PPnBM DTP ada 36 model jenis kendaraan, yang diproduksi di Indonesia dengan lokal purchases lebih dari 60 persen.

Pada periode Januari hingga Oktober 2021, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020, terdapat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen.

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Bakal Meluncur Perdana di GIIAS 2021

"Kami juga meminta maaf karena saat ini masih ada antrian pemesanan kendaraan. Kami akan bekerja keras agar segera dapat memenuhi kebutuhan tersebut," jelasnya.

Pada periode yang sama, Januari - Oktober 2021, angka ekspor CBU juga mencatatkan kenaikan sebesar 33,5 persen.

Sebagai lokomotif industri pulihnya kegiatan produksi kendaraan bermotor yang menyerap total tenaga kerja mencapai lebih dari 1,5 juta orang, hal ini turut diikuti dengan bangkitnya kegiatan industri industri pendukung, seperti industri komponen, industri jasa keuangan, asuransi, dealer dan bengkel, maupun UMKM di sektor otomotif lainnya, yang juga menyerap banyak tenaga kerja.

Baca juga: Pengunjung GIIAS 2021 Cuma Boleh 3 Jam Berada di Area Pameran dan Wajib Sudah Vaksin Dosis Lengkap

"Kedepannya Gaikindo dengan dukungan dari pemerintah dan agen pemegang merek akan terus mendorong perbaikan-perbaikan. Untuk mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia, salah satu upaya yang dilakukan Gaikindo adalah dengan menginisiasi kehadiran GIIAS," imbuh Nangoi.

GIIAS disebut Nangoi merupakan pameran otomotif satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan dukungan penuh dari asosiasi otomotif dunia.

Selain itu, GIIAS 2021 juga bagian dari rangkaian pameran otomotif dunia dan menjadi ajang yang memberikan informasi industri otomotif Indonesia ke mata dunia.

"Pada setiap kehadirannya, GIIAS menginspirasi publik dengan kehadiran teknologi otomotif terkini dan di 2021 mengusung tema Wheels to Move. Sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju bersama Gaikindo melalui penyelenggaraan GIIAS," ucapnya.
 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved