Breaking News:

Kampas Ganda di Motor Matik Kok Habis Sebelah? Kebiasaan Buruk Pemakai Bisa Jadi Pemicunya

Kampas ganda motor matik bisa habis sebelah bisa terjadi karena dipicu oleh kebiasaan salah oleh pemilik/pemakainya sendiri.

Editor: Choirul Arifin
Gridoto/Fadhliansyah
Ilustrasi - Mangkuk ganda di motor matik. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pengguna motor matik sering dibuat bingung saat melakukan servis motor. Kampas ganda di motor matik yang normalnya habis merata, sering ditemukan habis hanya di satu bagian atau hanya habis sebelah.

Kampas ganda motor matik bisa habis sebelah bisa terjadi karena dipicu oleh kebiasaan salah oleh pemilik/pemakainya sendiri.

"Sebetulnya kalau motor masih standar ini dari kebiasaan yang salah dari pemiliknya," ungkap Rafidan, mekanik Kitchen Racing Project.

Baca juga: Tips Mengatasi Aki Drop: Jangan Panik, Ini Biasa Terjadi Saat Beli Mobil Bekas

Kampas ganda habis sebelah ini akibat panas atau overheat tapi motor tidak berjalan maju.

"Biasanya akibat kebiasaan kalau berhenti di tanjakan penggunanya tidak pakai rem untuk menahan motor. Tapi malah tahan gas supaya motor tidak mundur," tambah Midun, sapaan akrabnya.

Baca juga: Tips Merawat Transmisi CVT Mobil Tetap Awet

"Tentu efeknya kampas jadi tetap bergesekan dengan mangkok tapi ya karena motor tidak maju jadinya overheat dan habisnya jadi tidak rata," ungkapnya.

Kebiasaan menahan gas saat tanjakan ini selain bisa bikin kampas tidak rata juga bikin mangkok yang tadinya bulat bisa tidak rata juga.

"Karena panas yang berlebihan itu tadi mangkok kampas ganda bisa overheat dan peyang. Makanya sebisa mungkin hilangkan kebiasaan tahan gas ini di motor matic saat berhenti dalam posisi menanjak," ujar Midun yang membuka bengkel motor di Jl. Gongseng Raya, Cijantung, Jakarta Timur.(uje/gridoto)

Artikel ini tayang di Gridoto dengan judul Ternyata Ini Penyebab Utama Kampas Ganda Motor Matic Bisa Habis Sebelah

Sumber: Gridoto
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved