Breaking News:

Tips Perawatan Motor

Pakai BBM RON Tinggi untuk Sepeda Motor, Apa Sih Manfaatnya?

RON atau Research Octane Number sendiri merupakan satuan angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar

BizzInsight
Penulis: BizzInsight
Shutterstock
Ilustrasi pengisian BBM pada sepeda motor. 

TRIBUNNEWS.COM - Penggunaan bahan bakar RON tinggi saat ini makin dilirik oleh para pemilik kendaraan. Terlebih, saat ini mayoritas kendaraan bermotor juga telah menggunakan teknologi terbaru yang direkomendasikan untuk menggunakan BBM dengan angka oktan tinggi, minimal RON 92.

RON atau Research Octane Number sendiri merupakan satuan angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Nah, dengan penggunaan bahan bakar yang sesuai rekomendasi, maka pembakaran yang terjadi di ruang mesin pun akan lebih sempurna dan dapat berpengaruh pula terhadap keawetan komponen mesin kendaraan.

Kesadaran untuk mulai beralih ke BBM RON tinggi ini juga turut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia makin paham memilih bahan bakar dengan bijak, dan tidak hanya berpatokan dari harga BBM murah.

Apalagi, bagi Anda yang memang kerap mengendarai sepeda motor untuk menunjang kegiatan sehari-hari, penggunaan BBM RON tinggi dapat memberikan sederet manfaat untuk kesehatan mesin kendaraan dan lingkungan, di antaranya sebagai berikut.

1) Mesin jadi lebih awet

Semakin tinggi kandungan oktan yang terdapat pada bahan bakar, maka kualitas BBM dan performa yang dihasilkan oleh mesin juga semakin baik. Manfaat BBM oktan tinggi ini tentu akan terasa dengan jelas pada optimalisasi kinerja mesin.

Saat mesin bisa bekerja dengan baik, otomatis kondisi setiap komponen mesin dapat lebih terjaga. Dengan begitu, umur mesin kendaraan tentu lebih panjang dan awet dibandingkan dengan menggunakan BBM dengan nilai oktan rendah.

2) Bensin lebih irit

Meskipun memiliki harga yang cenderung tinggi, ternyata BBM oktan tinggi bisa membuat bensin Anda lebih irit, lho! Hal ini karena sistem pembakaran mesin (engine combustion) berjalan lebih sempurna sehingga membuat Anda lebih irit dan tidak perlu terlalu sering mengisi BBM.

Secara teknis, bensin dengan nilai oktan 92 memang lebih irit dibandingkan bensin bernilai oktan 88 atau 90, semakin kecil RON semakin mudah pula cairan bensin untuk terbakar. Hal tersebut menyebabkan pembakaran bensin dengan kadar oktan 92 lebih efektif dibandingkan dengan RON 88 dan 90.  

3) Mendongkrak tenaga mesin

Menggunakan BBM oktan tinggi dapat membuat mesin kendaraan terasa lebih ringan karena tidak adanya kerak sisa pembakaran bensin atau yang sering disebut sebagai residu. Hal ini dikarenakan pembakaran BBM RON 92 lebih sempurna karena baru terbakar setelah bensin bersentuhan dengan busi, sekaligus membuat silinder kendaraan bersih. 

Dengan begitu, performa tenaga mesin pun dapat lebih optimal karena kompresi kendaraan dengan rekomendasi BBM yang sesuai menjadi kombinasi tepat yang membuat tenaga kendaraan terjaga.

Selain itu, dengan pembakaran yang sempurna dan mesin yang bertenaga hal ini juga berdampak pada jarak tempuh kendaraan yang semakin jauh.

4) Ramah lingkungan

Pernahkah Anda melihat kendaraan dengan asap knalpot yang ‘ngebul’ dan pekat? Nah, itu dikarenakan kendaraan tersebut menggunakan BBM beroktan rendah karena proses pembakarannya yang tidak maksimal.

Nah, dengan penggunaan BBM oktan tinggi yang memiliki proses pembakaran lebih sempurna maka asap kendaraan yang dihasilkan pun menjadi lebih ramah lingkungan karena  kadar buang gas emisi yang dihasilkan lebih rendah.

Melihat sederet manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan BBM bernilai oktan tinggi, RON 92, tentu tidak perlu membuat pemilik kendaraan bermotor ragu untuk beralih dari BBM oktan rendah ke BBM RON 92, bukan?

BBM non-subsidi RON tinggi dari ExxonMobil bisa menjadi pilihan bahan bakar yang tepat karena BBM bernilai oktan 92 yang dapat meningkatkan performa mesin motor, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang kerap mengendarai motor untuk kegiatan sehari-hari, termasuk para pekerja lapangan.

Mobil™ POM Mikro hadir dengan berbagai pelayanan perawatan motor
Mobil™ POM Mikro hadir dengan berbagai pelayanan perawatan motor.

Terlebih, Anda bisa menemukannya dengan mudah karena BBM RON 92 ini bisa didapatkan di Mobil™ POM Mikro, pom bensin yang membantu masyarakat yang terus berjuang dalam meraih kebaikan.

Tak hanya sekadar mengisi bahan bakar, Mobil™ POM Mikro juga menyediakan layanan perawatan motor seperti ganti oli, ganti ban, dan ganti gear set.

Yuk, beralih ke BBM RON 92 agar mesin lebih awet dan mendukung kendaraan yang ramah lingkungan dengan mengisi bahan bakar di Mobil™ POM Mikro mulai dari sekarang! Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi link ini.

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Firda Fitri Yanda                

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved