Honda Ancang-ancang Bikin Kendaraan Niaga Mini LIstrik untuk Pasar Jepang

Honda akan memperkenalkan kendaraan komersial mini listrik di Jepang di 2024 yang dibangun di atas platform EV kecil baru.

Twitter
Kepala Elektrifikasi Global Honda, Shinji Aoyama, berbincang dengan pembalap Repsol Honda di MotoGP, Marc Marquez.   

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Honda Motor Co akan memproduksi jutaan kendaraan listrik (EV) pada tahun 2030 dengan menggunakan tiga platform khusus baru.

Salah satu platform tersebut akan dikembangkan bersama General Motors Co.

Kepala Elektrifikasi Global Honda, Shinji Aoyama, mengatakan, Honda akan memperkenalkan kendaraan komersial mini listrik di Jepang di 2024 yang dibangun di atas platform EV kecil baru.

Kemudian, akan disusul peluncuran EV berukuran besar di Amerika Utara di 2026, yang akan dibangun di atas platform baru yang lebih besar.

Aoyama menjelaskan, platform ketiga yang ia gambarkan akan berukuran sedang bekerja samadengan GM, dan diperkirakan akan mulai diperkenalkan di 2027.

Awal bulan ini, Honda dan GM mengumumkan mereka akan bersama-sama mengembangkan EV dengan harga terjangkau untuk pasar global.

Baca juga: Honda Rilis Brio RS Urbanite Edition, Tampang Makin Bold dengan Harga Mulai Rp 225,9 Juta

Honda setujumenggunakan baterai Ultium generasi terbaru dari GM, walaupun spesifikasinya belum final. Namun Honda tidak memiliki rencana untuk berpartisipasi dalam usaha patungan baterai Ultium GM dengan LG Energy Solution Korea Selatan.

Baca juga: Honda Bakal Luncurkan 30 Mobil Listrik Hingga 2030

Honda berencana memproduksi dua juta EV secara global pada tahun 2030, termasuk model menengah yang dikembangkan bersama GM dan menargetkan pada 2030 nanti produksi EV di pasar Amerika Utara mencapai 750.000 hingga 800.000 kendaraan.

Sedangkan untuk pasar Jepang dan lainnya sekitar 400.000 hingga 500.000 kendaraan. GM sendiri sedang membangun dua SUV listrik premium untuk Honda untuk Amerika Utara, berdasarkan platform EV khusus.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved