GM Tak Lagi Pasok Penggantian Baterai untuk Chevy Spark EV, Kok Bisa Sih?

Mobil Chevy Spark EV pertama kali dirilis tahun 2013 dan GM terus membuat model versi terbaru dari mobil ini hingga tahun 2016.

Editor: Choirul Arifin
USA Today
Chevy Spark EV. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, DETROIT - Perusahaan otomotif General Motors (GM), dilaporkan tidak lagi menyediakan penggantian baterai untuk Chevy Spark EV.

Mobil Chevy Spark EV pertama kali dirilis tahun 2013 dan GM terus membuat model versi terbaru dari mobil ini hingga tahun 2016.

GM tidak akan lagi memasok baterai Chevy Spark EV dikarenakan persediaan paket baterai model ini dilaporkan telah habis dan perusahaan tidak berencana untuk memproduksinya kembali.

Dikutip dari Theverge.com, model Chevy Spark EV tertua telah mencapai hampir 10 tahun, dan GM telah menawarkan garansi delapan tahun per 100.000 mil khusus untuk paket baterai di Spark EV dan kendaraan listrik lainnya, yang berarti garansi untuk model Spark EV yang dirilis pada tahun 2013 dan 2014 sudah habis.

Namun tidak jelas, apakah GM akan terus memperpanjang garansi tersebut atau mengganti paket baterai di Spark EV yang rusak.

Baca juga: General Motors dan Posco Chemical Bangun Pabrik Bahan Aktif Katoda untuk Baterai Ultium

Menurut laporan EV-Resource, GM memberi tawaran untuk membeli kembali kendaraan daripada mengganti baterai.

Pemilik model Spark EV kemungkinan tidak dapat menemukan paket baterai aftermarket untuk mobil mereka.

Baca juga: General Motors Matikan Aplikasi Belanja Via Dasbor Mobil

EV-Resource mencatat jika dibandingkan dengan model EV lainnya, sebenarnya baterai Spark EV sudah mulai jarang ditemukan di pasaran, mengingat GM kemungkinan tidak menemukan keuntungan selama menyediakan suku cadang untuk mobil yang harganya lebih murah.

Model Spark EV keluaran tahun 2016 dijual kurang dari 26 ribu dolar AS. Ditambah lagi, GM hanya berhasil menjual sekitar 7.400 mobil spark EV, terutama di wilayah California, Oregon dan Maryland.

Baca juga: General Motors Rekrut 8.000 Karyawan Baru untuk Garap Proyek Mobil Listrik

Di saat GM berupaya membuat dan mengganti paket baterai di lebih dari 140.000 Chevy Bolts listrik yang ditarik tahun lalu karena adanya risiko kebakaran, kemungkinan GM tidak memiliki bandwidth untuk membuat pengganti paket baterai untuk Spark EV.

GM kembali memproduksi Bolt EV pada awal bulan ini, setelah pembekuam produksi yang berlangsung beberapa bulan.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved