Layanan Purna Jual Isuzu Berhasil Dongkrak Penjualan

semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
Lita Febriani/Tribunnews.com
Peluncuran Part Depo Isuzu di booth Isuzu di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Konsumen kendaraan di Indonesia biasanya mempertimbangkan layanan purna jual atau after sales sebelum akhirnya membeli motor, mobil, truk bahkan bus.

Bagi pabrikan kendaraan, layanan purna jual yang prima menjadi peluang besar untuk mendongkrak penjualan unit baru.

Isuzu mengungkapkan naiknya layanan purna jual Isuzu ikut mendongkrak penjualan unit kendaraan. Repeat order atau pemesanan kembali konsumen terhadap kendaraan Isuzu juga meningkat.

Baca juga: Isuzu Belum Tertarik Inves di Kendaraan Listrik, Tunggu Roadmap-nya Jelas Dulu

Aftersales Business, Inventory and Logistic PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Budhi Prasetyo, mengatakan dari total penjualan Isuzu, sekitar 50 persen merupakan repeat order. Hal ini karena layanan purna jual yang baik berkorelasi dengan peningkatan penjualan Isuzu.

"Penjualan unit produk Isuzu hingga tahun 2021 meningkat sebesar 19,9 persen dengan total populasi sebesar 15 persen. Hal ini menjadi bukti bahwa Isuzu mampu menjadi partner pilihan para customer menjawab tantangan bisnis," tutur Budhi saat meluncurkan Part Depo Isuzu di booth Isuzu di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Isuzu Buka Depo Spare Parts di Makassar, Percepat Pengiriman Suku Cadang Hingga ke Papua

Menurut catatan Gaikindo, sepanjang 2021 penjualan Isuzu naik 52 persen dari tahun 2020 yakni dari 17.855 unit menjadi 27.276 unit.

Lalu, semester 1 2022, penjualan Isuzu mencapai 14.956 unit atau melonjak 25 persen jika dibandingkan periode yang sama 2021 yang sebanyak 11.968 unit.

Isuzu memahami kebutuhan konsumen Isuzu dari berbagai wilayah dan jenis industri yang berbeda, seperti industri logistik yang perputarannya di area perkotaan hingga industri tambang dan perkebunan di remote area.

President Director PT IAMI Ernando Demily, menyampaikan pihaknya akan memberi penekanan pada pemenuhan layanan purna jual.

"Penjualan dan layanan purna jual memiliki tingkat kepentingan yang sama. Oleh karenanya, sales dan aftersales dipastikan keduanya bekerja sama dan bersinergi untuk dapat memerikan solusi yang komprehensif dan optimal kepada customer," jelas Ernando.

Sebagai langkah meningkatkan layanan purna jual, yakni dengan memberi jaminan ketersediaan suku cadang, Isuzu meresmikan Part Depo di Makassar.

Part Depo ini akan melayani pengiriman suku cadang ke seluruh wilayah Indonesia Bagian Timur (IBT).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved