Rebut Pasar Hero MotoCorp di India, Honda Kembangkan dan Produksi Motor Kelas Bawah

Raksasa otomotif Jepang berharap dapat menantang dominasi Hero MotoCorp, pemimpin pasar kendaraan roda dua domestik.

zoom-inlihat foto Rebut Pasar Hero MotoCorp di India, Honda Kembangkan dan Produksi Motor Kelas Bawah
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Model peraga pameran motor berdiri di samping logo Honda.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI), produsen motor terbesar kedua di negara itu, telah meluncurkan beberapa produk di berbagai kategori untuk meningkatkan daya saingnya di pasar domestik.

Saat ini, perusahaan itu juga memiliki rencana untuk mengembangkan dan memproduksi motor entry level untuk pasar India.

Oleh karena itu, raksasa otomotif Jepang berharap dapat menantang dominasi Hero MotoCorp, pemimpin pasar kendaraan roda dua domestik.

Dilansir dari Financial Express, Kamis (8/9/2022) motor baru di segmen 160cc dan 300-350cc, serta skuter 125cc baru, akan menjadi produk yang akan diluncurkan oleh Honda.

Baca juga: Daftar Harga Motor Matic Honda Bulan September 2022, BeAT hingga Forza

“Kami sedang dalam tahap pengembangan, sehubungan dengan produksi motor entry level untuk pasar India,” kata Atsushi Ogata, presiden, direktur pelaksana sekaligus CEO HMSI.

“Kami harus memenuhi peraturan emisi baru untuk tahun anggaran berikutnya. Di segmen menengah atas, kami akan memproduksi motor 160cc. Dan kami juga akan memproduksi skuter 125cc tahun depan. Selain itu, kami akan memperkenalkan model baru di kelas 300-350cc tahun depan.” tambahnya.

Perusahaan juga sedang menggarap kendaraan roda dua listrik pertamanya yang bisa diluncurkan dalam 1 hingga 2 tahun ke depan. Dari tahap studi kelayakan, HMSI bergerak ke tahap pengembangan untuk motor listrik pertamanya.

India juga akan mengadopsi On Board Diagnosis (OBD) 2 sebagai persyaratan peraturan pelacakan emisi yang akan dimulai April 2023.

Sesuai data yang dibagikan oleh Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM), Honda mencatat pangsa 27 persen di pasar kendaraan roda dua domestik antara April hingga Juli, sementara pangsa Hero mencapai 34 persen.

Kesenjangan antara keduanya menyempit menjadi hanya 2 persen pada Juli 2022.

Hero MotoCorp memiliki pangsa pasar sekitar 34 persen, berkat penjualan yang luar biasa dari motor buatannya di kelas 110cc, yang menyumbang hampir 80 persen dari total volume domestiknya.

Sementara itu, HMSI merupakan salah satu merek kendaraan roda dua yang terkena dampak buruk dari kelangkaan chip semikonduktor beberapa waktu lalu.

“Namun, dengan semakin membaiknya pasokan chip semikonduktor saat ini, yang juga dibarengi pembukaan kembali sekolah dan kantor, membuat permintaan untuk kendaraan roda dua kami semakin meningkat,” kata Ogata.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved