SUV Tesla Model Y Mulai Dikirim ke Konsumen di Jepang

Mobil listrik Tesla Model Y mulai dikirim ke pembeli di Jepang setelah membuka pemesanan atas kendaraan ini pada Juni 2022 lalu.

TESLA
Tesla Model Y mulai dikirim ke konsumen di Jepang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Tesla mulai mengirimkan mobil listrik (EV) model Y kepada pembeli di Jepang setelah membuka pemesanan atas kendaraan ini pada Juni 2022 lalu untuk pasar Jepang dan Australia.

Mengutip Teslarati, Senin (12/9/2022) untuk pasar Jepang Tesla membanderol Model Y RWD mulai dari 46.156 dolar AS. Sedangkan Model Y Dual Motor AWD Performance dibanderol mulai 60.324 dolar AS.

Saat itu Tesla memperkirakan jadwal pengiriman Model Y untuk Jepang antara Agustus hingga September.

TeslaNorth menyatakan, pusat pengiriman mobil listrik Tesla Model Y di Jepang akan dilakukan lewat showroom Tesla di Ariake, Tokyo.

Sebelumnya, showroom itu hanya menyediakan Tesla Model 3.

Awal tahun ini, Japan Times melaporkan bahwa pendaftaran baru EV impor di Jepang meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2021, menambahkan bahwa pasar Jepang cukup sulit untuk Tesla.

Kurangnya infrastruktur pengisian daya, tempat parkir dan subsidi di Jepang diyakini menjadi alasan utama keengganan Jepang merangkul EV.

Baca juga: Siap Jadi Pesaing Tesla Model Y, SUV Listrik XPeng G9 Siap Meluncur 21 September

Namun, pemotongan harga Tesla untuk Model 3 tahun lalu membantu meningkatkan permintaan.

Juru Kampanye Iklim dan Energi di Greenpeace Jepang, Daniel Read mengungkapkan, satu alasan tambahan mengapa Jepang dinilai terlambat dalam merangkul EV yakni karena para produsen mobil listrik gagal mempromosikan EV sebagai opsi yang layak untuk publik.

Baca juga: SUV Listrik Tesla Model Y 2022 Siap Mengaspal di Inggris

“Berbeda dengan iklan EV di Uni Eropa, China, dan AS, promosi EV di Jepang sangat sedikit,” kata  Daniel Read kepada Energy Tracker Asia pada bulan Mei.

Kehadiran Tesla di Jepang tidak hanya berfokus pada EV, tetapi juga mencakup energi. Bulan lalu, Tesla Jepang membagikan posting blog tentang pembangkit listrik virtual (VPP) di Miyakojima.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved