Daimler Truck Pamer Prototipe Truk Hidrogen Mercedes Benz GenH2 di IAA Transportation

Daimler memamerkan truk berbahan bakar hidrogen yang diberi nama "GenH2" di ajang IAA Transportation 2022 di Hannover, Jerman.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
Tribunnews/Sanusi
Truk berbahan bakar hidrogen Mercedes-Benz GenH2 dipamerkan Daimler Truck di ajang IAA Transportation 2022 di Hannover, Jerman, 18 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews dari Hannover, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, HANOVER - Daimler Truck, induk Mercedes Benz, memamerkan truk berbahan bakar hidrogen yang diberi nama "GenH2" di ajang IAA Transportation 2022 di Hannover, Jerman, 18 September 2022.

GenH2 yang menggunakan bahan bakar hidrogen namun tetap memberikan daya tahan, keandalan, keamanan dan efisiensi yang sama dengan truk diesel pada umumnya.

Bobot truk Mercedes-Benz GenH2 mencapai 40 ton dan kapasitas angkut muatan mencapai 25 ton. Truk ini menggendong dua tangki hidrogen cair, masing-masing tangki berkapasitas 40 kg.

Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar yang sangat kuat akan memungkinkan truk memiliki muatan tinggi dengan jangkauan jarak yang jauh. Dua tangki hidrogen ini merupakan jantung Truk GenH2.

Tangki ini terbuat dari baja tahan karat dan ditujukan untuk versi seri Truk GenH2 dengan kapasitas penyimpanan yang sangat tinggi yaitu 80 kilogram (masing-masing 40 kg) untuk menempuh jarak jauh.

Tangki ini terdiri dari dua tabung yang tersambung satu sama lain dan diisolasi secara vakum.

Dengan kemampuan yang sama seperti truk diesel, GenH2 menjadi kendaraan niaga yang bebas dari CO2. Jika harus mengisi kembali hidrogen, prosesnya akan sama saja seperti mengisi solar.

Uji Coba

Prototipe pertama dari sel bahan bakar (fuel-cell) truk Mercedes-Benz GenH2 telah menjalani program uji coba yang ketat sejak tahun lalu – baik di jalur uji internal maupun di jalan umum.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved