Police Owners Group Tuntaskan Reli Nasional Jelajah Wisata Pantai Indonesia

POG National Rally 2022 yang dilaksanakan pada 21 hingga 25 September 2022 menapaktilasi jejak wisata pantai menempuh perjalanannya sejauh 1.200 km

ist
Para pecinta motor Harley-Davidson tipe Police di Indonesia, Police Owners Group (POG) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berbagai cara dilakukan para penggemar otomotif untuk menyalurkan hobinya, termasuk oleh para pecinta motor Harley-Davidson tipe Police di Indonesia, Police Owners Group (POG).

Grup yang didirikan tahun 2017 ini menuntaskan kegiatan tahunannya, POG National Rally 2022 yang dilaksanakan pada 21 hingga 25 September 2022 menapaktilasi jejak wisata pantai dan kuliner menempuh perjalanannya sejauh 1.200 km dengan rute Cirebon – Yogyakarta – Malang – Padang Bai – Lombok.

Hari pertama, perjalanan dimulai pada tanggal 21 September 2022, dengan mengambil titik awal dari Kampung Moge, Cirebon. Kampung Moge merupakan salah satu pusat otomotif di Cirebon dan wisata kuliner khas Cirebon.

Baca juga: Kenalkan Senjata Bela Diri, Komunitas Moge Gelar Latihan Menembak

Kampung Moge berada dalam satu lokasi dengan EB Batik Panembahan, batik tradisional khas Cirebon yang telah mendandani masyarakat dan tokoh nasional Indonesia sejak tahun 1970-an.

Siang harinya, POG menikmati wisata kuliner di Omah Glugu, Purbalingga, restoran dengan hidangan dan interior cantik khas Jawa Tengah. Perjalanan berlanjut menyusuri kota-kota di pantai Selatan Jawa, dan menginap di Yogyakarta.

Hari kedua, POGers (anggota POG) menikmati keunikan lokasi Jalur Jalan Lintas Selatan atau JJLS Rongkop yang membelah bukit dan hutan sehingga menyuguhkan pemandangan indah. Selanjutnya menuju pantai Soge untuk diteruskan melingkari gunung tertinggi di Jawa, dan bermalam di kota Malang.

Pengalaman kuliner di hari kedua adalah di Tiga Dapoer Batavia, Tulungagung, Jawa Timur, yang mengusung paduan tiga budaya kuliner yaitu Jawa, Belanda dan China, baik dari sisi kuliner maupun desain restoran.

Pada hari ketiga, para Chief –demikian para anggota POG menyebut satu sama lain—menikmati jalur pantai Utara Jawa arah Timur dan menyeberangi Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, untuk menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Baca juga: Moge Patwal Paspampres dan BM Polisi Kecelakaan di Tol Dalam Kota Tegal Parang Jakarta Selatan

Tentu saja, pemandangan indah yang disuguhkan oleh Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, menjadi salah satu daya tarik yang tak bisa dilewatkan. Rombongan bermalam di Padang Bai, dengan pemandangan pantai timur Bali.

Memasuki hari keempat, POG menuju Lombok dengan melalui Pelabuhan Padang Bai, Bali. Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kuta Mandalika, Lombok, sirkuit kebanggaan Indonesia yang pada awal tahun 2022 menjadi saksi kemenangan perdana MotoGP Indonesia oleh pebalap internasional Miguel Oliviera, Fabio Quartararo dan Johann Zarco.

POGers yang berasal dari berbagai Chapter POG ini selanjutnya menikmati santap siang dengan pemandangan keindahan siluet Gunung Rinjani nan gagah di Nusantara Sembalun, Lombok. Usai menikmati riding sambil menikmati panorama pantai Lombok, POGers menutup touring kali ini dengan bersilaturahmi bersama di Senggigi Beach Hotel, Lombok.

“Kami bersyukur masyarakat Indonesia dapat kembali aktif, walau tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, seperti yang juga dilakukan POGers,” ujar Chief Soni Wibisono, Ketua Umum POG.

Dia berharap perjalanan touring ini dapat ikut meningkatkan roda pariwisata daerah dengan menerapkan 4 pilar POG yaitu touring, charity, gathering dan parade.

Selain semangat wisata di Indonesia, POG juga mengingatkan tentang kedisiplinan melalui parade. “Ini merupakan cara POG mengomunikasikan bahwa pengguna motor besar Harley-Davidson juga bisa teratur dan rapi,” kata Chief Soni.

Parade dengan seragam yang rapi ini tak hanya untuk tampil gagah, namun juga menggambarkan komitmen POGers dalam disiplin berlalu lintas. “Selain itu juga ternyata dapat memberi hiburan kepada masyarakat sekitar ketika kami berparade,” ujar Chief Panglima POG, Dedy Tiyoso yang berpanggilan karib Chief DT.

Baca juga: Moge yang Tabrak Bocah Kembar di Pangandaran Jabar Ternyata Pakai Pelat Mobil

Semangat lain adalah soal berbagi dengan mengadakan empat kegiatan charity sekaligus di beberapa tempat yang dilewati POG National Rally 2022, yaitu di Mesjid Al Muhajirin, Cirebon, Pondok Pesantren Riyadul Awamil, Kuningan, Pesantren Tuna Rungu Darul Ashom, Sleman dan Pesantren Raudatul Husna, Tombok Praya, Lombok Tengah.

Chief Mochamad Subagia selaku Ketua Panitia POG National Rally menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan seluruh anggota POG dalam kegiatan charity.

“Secara spontan dan tanpa banyak bicara, POGers segera mengumpulkan dana dari kantung masing-masing untuk disalurkan melalui kegiatan POG National Rally 2022. Kami berharap dapat berguna bagi yang menerima,” ujarnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved