Breaking News:

Toyota Pindahkan Produksi Vios ke Thailand, Ini Penyebabnya

TMMIN sebagai pabrik pembuat mobil Toyota sedang berupaya memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor dari konsumen Veloz

Penulis: Lita Febriani
Editor: Muhammad Zulfikar
Tribunnews.com/Lita Febriani
Toyota All New Vios. Meski baru saja meluncurkan pembaruan untuk sedan Vios, nyatanya mobil ini sudah tidak lagi diproduksi di dalam negeri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski baru saja meluncurkan pembaruan untuk sedan Vios, nyatanya mobil ini sudah tidak lagi diproduksi di dalam negeri.

Penyebabnya ialah plant produksi yang tadinya dijadikan lini pembuatan Toyota Vios dialihkan untuk memproduksi model lain yang pesanannya terus membludak.

"Jadi dengan adanya beberapa pergerakan produksi khususnya di plant 2  TMMIN, Vios (untuk Indonesia) sekarang diproduksi di Thailand, betul. Karena memang sekarang ada peningkatan produksi di TMMIN khususnya untuk Veloz, misalnya," tutur Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Toyota Astra Motor Berencana Hadirkan Vios Versi Hybrid

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pabrik pembuat mobil Toyota sedang berupaya memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor dari konsumen Veloz.

"Jadi Veloz ini peningkatan produksi dan volumenya dirasakan cukup tinggi dan itu sekali lagi tidak hanya untuk pasar domestik, melainkan juga untuk ekspor. Jadi kalau kita bandingkan untuk Vios, baik domestik dan ekspornya, Veloz ini secara total justru meningkat di TMMIN. Mungkin itu salah satu isu dari pemindahan produksi ini," jelas Anton.

Ia menambahkan, produksi berbagai model lain di pabrik TMMIN tetap berjalan seperti biasa, untuk memenuhi kebutuhan dalam negeru dan pasar luar negeri.

Baca juga: Pasar Sedan Hanya 1 Persen, Mengapa Toyota Nekat Luncurkan All New Vios?

"Tetap pabrik TMMIN berjalan dan tetap mengisi dengan menggunakan produk lain termasuk untuk ekspornya," imbuh Anton.
 

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved