Siap Angkut Delegasi KTT G20, Ratusan Unit Mobil BEV Toyota Sudah Tiba di Bali

143 unit kendaraan elektrik berbasis teknologi battery electric vehicle (BEV) dari TAM telah tiba di Pelabuhan Benoa Bali.

Editor: Sanusi
HO
Sebanyak 143 unit kendaraan elektrik berbasis teknologi battery electric vehicle (BEV) dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) untuk mendukung mobilitas delegasi partisipan G20 Summit yang akan berlangsung di Nusa Dua Bali pada 15-16 November mendatang, telah tiba di Pelabuhan Benoa Bali. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 143 unit kendaraan elektrik berbasis teknologi battery electric vehicle (BEV) dari PT Toyota-Astra Motor (TAM), telah tiba di Pelabuhan Benoa Bali.

Ratusan kendaraan untuk mendukung mobilitas delegasi partisipan G20 Summit di Nusa Dua pada 15-16 November itu didatangkan dari Jakarta itu menggunakan kapal Ro-Ro Cargo Fajar Bahari VI, Senin (31/10/2022).

Selain Lexus UX 300e sebanyak 102 unit, TAM telah menyerahkan secara resmi 41 unit Toyota bZ4X kepada Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara sebagai wujud dukungan penuh untuk mensukseskan G20 Summit dimana Indonesia menjadi presidensi pada penyelenggaran KTT internasional tersebut.

Baca juga: Toyota Siap Produksi Sedan Listrik bZ3 yang Ditenagai Baterai Buatan BYD

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan TAM beberapa waktu lalu sudah menyerahkan secara resmi 143 unit kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) Toyota bZ4X & Lexus UX 300e ke Kementerian Sekretariat Negara.

Baca juga: Imbas Krisis Chip Semikonduktor, Toyota akan Pangkas Target Produksi Kendaraan

“Toyota-Astra Motor sebagai Official Car Partner G20 berharap kendaraan ini bisa memenuhi kebutuhan mobilitas seluruh delegasi, serta menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia akan pengembangan teknologi kendaraan ramah lingkungan,” kata Anton Jimmi Suwandy.

Spesifikasi  Bz4x

Toyota BZ4X merupakan SUV 5 penumpang dengan penggerak roda depan dan all wheel drive (penggerak semua roda).  

Mobil ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm, dengan wheelbase mencapai 2.850 mm dan panjang kabin 1.940 mm.

Mobil ini dibekali dengan tenaga penggerak tipe AC synchronous electric generator. Untuk tipe FWD tenaga maksimalnya mencapai 150 kW, sedangkan model AWD, bisa menghasilkan tenaga puncak 160 kW.

Kedua model penggerak memakai baterai lithium-ion yang ditanam di lantai mobil, dengan tegangan 355 volt. Sementara total power yang dihasilkan mencapai 71,4 kWh.

Penempatan baterai ini menciptakan Toyota BZ4X dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu hanya 8,4 detik.

Mobil ini memiliki bobot 2.195 kg untuk penggerak roda depan dan 2.275 kg untuk versi AWD. Model penggerak roda depan dapat menempuh jarak hingga 500 km, sedangkan versi AWD mampu menempuh jarak 460 km. Versi standar mobil ini diprediksi akan dijual mulai dariRp 866 juta, sedangkan varian tertinggi sekitar Rp 1,29 miliar.

Lexus UX 300e

Mobil listrik Lexus UX-300e tampil berkarakter nan tegas dengan mengedepankan performa. Tampilan eksteriornya dilengkapi signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights dan lampu belakang limitless line berbentuk horizontal yang tampil attractive di malam hari.

Menyoal performa, UX-300e dibekali motor listrik yang dipadukan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 201 tk dan torsi puncak 300 Nm. Berkat baterai yang ditanam, mobil ini mampu menempuh jarak 300 km saat baterai terisi penuh.

Sementara untuk pengisian daya kurang lebih 5-6 jam dari 0-100 persen, dengan daya listrik bertegangan 6,6 kW pada pengisian standar (AC) dan 50 kW untuk quick charge (DC).

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved