Pemerintah Bakal Beri Subsidi Rp 6,5 Juta untuk Pembelian Motor Listrik, Menperin: 'Alhamdulillah'

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyebut kendaraan listrik, terutama mobil listrik murni semakin booming di tahun 2022 ini.

Electrum/Electrum
Ilustrasi motor listrik 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, mengungkap saat ini pemerintah sedang menyelesaikan skema subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik sebesar Rp 6,5 juta.

Selain sepeda motor, kabarnya subsidi untuk pembelian mobil listrik juga tengah dipertimbangkan oleh pemerintah.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan jika kementerian keuangan mempunyai ruang fiskal untuk memberikan subsidi merupakan kabar yang cukup bagus untuk mendorong semakin banyaknya kendaraan listrik.

Baca juga: Xiaomi Berambisi Jual 10 Juta Mobil Listrik Setiap Tahun

"Kalau ada subsidi dari negara, kemudian Kementerian Keuangan mempunyai ruang fiskal untuk itu, ya Alhamdulillah. Karena kebijakan fiskal kan ada di Kemenkeu dan kami hanya mengusulkan," tutur Agus, Rabu (30/11/2022).

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, menyebut kendaraan listrik, terutama mobil listrik murni semakin booming di tahun 2022 ini.

"Mobil listrik sebenarnya tahun 2022 ini mengalami booming. Penjualan mobil listrik di tahun lalu di bawah 1.000 unit, tahun ini sampai dengan Oktober sudah sampai 6.000 unit. Jadi cukup tinggi sekali," jelas Nangoi.

Nangoi menambahkan, penjualan mobil listrik di dalam negeri di dominasi oleh produk buatan asli Indonesia.

"Sebagian besar adalah produksi dalam negeri, seperti Wuling, Ioniq dan sebagainya. Sebagian masih dari impor. Ini untuk mobil yang pure listrik," ucapnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved