Breaking News:

Berbahaya, Ini 3 Kesalahan Membersihkan Kacamata yang Sering Dilakukan

Jangan lagi lakukan kebiasaan buruk saat membersihkan kacamata berikut ini kalau enggak mau kacamata jadi rusak!

ilustrasi kacamata 
 
Parapuan.co - Para pengguna kacamata pasti sering mengalami lensa kotor atau nosepad yang berjamur.
 
Kalau hal tersebut sudah terjadi, kita harus segera membersihkannya Kawan Puan. Tujuan membersihkan kacamata tentu agar benda tersebut nyaman saat dipakai.
 
Meski untuk kepentingan kita, tetapi kadang kita terburu-burunya bahkan malas sata membersihkan kacamata. Enggak heran, sebagian dari kita kerap membersihkan kacamata secara asal-asalan.
 
Dikutip dari Healthline.com, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membersihkan kacamata dan harus dihentikan mulai sekarang.
 
Membersihkan dengan tisu
 
Sebenarnya membersihkan lensa kacamata tidak boleh menggunakan tisu atau kain sembarangan, lho!
 
 

 
Jangan lagi gunakan tisu atau bahkan baju untuk membersihkan kacamata. Sebab kalau kita sembarangan, kejernihan lensa bisa berkurang. 
 
Menurut seorang dokter mata di Ardsley, New York, Dr. Jonathan Wolfe, kita diharuskan tetap menggunakan kain pembersih khusus.
 
"Untuk membersihkan lensa, kesalahan umum yang sering saya temui adalah orang yang menggunakan tisu atau handuk kertas. Bahan tersebut terlalu kasar dan dapat menyebabkan goresan kecil berkembang ke permukaan lensa," kata Dr. Wolfe.
 
Gunakan menggunakan lap khusus yang biasanya kita dapatkan saat membeli kacamata. Jika ingin hasil maksimal, kita bisa membersihkan kacamata dengan cairan pembersih dari optik. 
 
Perlu Kawan Puan ingat kalau cara membersihkan kacamata yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada lensa. 
 
 
Jangan Gunakan Produk Aseton
 
Kesalahan umum lainnya yang sering ditemui adalah membersihkan lensa dan bingkai kacamata dengan menggunakan penghapus cat kuku.
 
Dr. Wolfe mengatakan bahwa membersihkan kacamata dengan aseton atau penghapus cat kuku bukanlah ide bagus.
 
"Aseton (sering ditemukan pada penghapus cat kuku) secara mengejutkan bisa merusak kedua lensa dan bingkai kacamata jika dibiarkan di permukaan terlalu lama," jelas Dr. Wolfe.
 
 

 
Jangan Gunakan Air Liur
 
Ada beberapa orang yang menggunakan air liur mereka untuk menghilangkan noda pada lensa kacamata. Hal tersebut tentuk bukan ide yang bagus ya, Kawan Puan. 
 
Soalnya, kita hanya akan menutupi lensa dengan kuman dari mulut yang kemudian bisa berkembang biak. Selain itu dari sudut pandang praktisi, air liur juga bisa membuat noda terlihat lebih buruk.
 
Nah itu dia beberapa kebiasaan salah yang sering terjadi saat membersihkan kacamata. Mulai sekarang rawat kacamata kalian lebih baik dengan hindari kebiasan-kebiasan salah di atas ya.
 
(*)
 
Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved