Breaking News:

Ibu Hamil Dilarang Makan Pedas? Ini 6 Mitos dan Fakta Sebenarnya

Banyak mitos dan fakta tentang kehamilan yang beredar di masyarakat. Mitos ini biasanya turun-menurun. Mana yang dipercaya?

ilustrasi hamil 

Parapuan.co - Pernah mendengar mitos tentang ibu hamil yang tidak boleh makan pedas? Atau justru dilarang tidak boleh bermain dengan kucing kesayangan selama hamil, Kawan Puan?

Mitos soal kehamilan menjadi salah satu yang tidak dapat kita hindari. Apalagi, mitos tentang kehamilan ini sudah menjadi bagian dari budaya yang diwariskan secara turun-temurun.

Sebenarnya mitos  kehamilan ini tidak selamanya buruk karena bersifat menjaga dari hal yang tidak diinginkan. Sayangnya sangat banyak mitos kehamilan yang terkadang palsu dan justru membuat Kawan Puan jadi bingung. 

Lalu apa saja mitos kehamilan dan fakta dibalik mitos tersebut? Intip selengkapnya, yuk! 

Baca Juga: Pentingnya Mencatat dan Menghitung Siklus Mentruasi, Gimana Caranya?


Tidak boleh memelihara kucing

Mitos pertama ini tentu banyak kita dengar. Kawan Puan yang memelihara kucing tentu dilarang untuk bermain dengan mereka. Ekstremnya, tidak ada lagi kucing di dalam rumah. Hal ini wajar karena orang terdekat takut kita terkena infeksi toksoplasmasis.

Soalnya, jika ibu hamil terkena tersebut dapat menyebabkan janin mengalami kerusakan mata atau otak. Meski begitu, kita tetap diperbolehkan untuk bermain dengan kucing kesayangan tetapi urusan membersihkan atau dengan kontak yang sangat dekat sebaiknya dilakukan oleh orang lain.

Perut bulat berarti anak laki-laki

 

Kalau perut ibu hamil berbentuk bulat maka bayinya berjenis kelamin laki-laki, sementara jika perempuan berbentuk bulat panjang adalah mitos yang juga sering kita dengar. 

Bukan berdasarkan bentuk perut, jenis kelamin bayi dapat dilihat dengan melakukan USG di dokter kandungan. Dikutip dari Kompas.com, menurut dr. Andy Wijaya, Sp.OG, M.Kes, bentuk perut ibu hamil dipengaruhi oleh bentuk alami tubuh. 

Makanan favorit menjadi penanda jenis kelamin bayi

Katanya kalau ibu hamil suka makanan manis, artinya janin yang dikandung berjenis kelamin perempuan. Sedangkan bayi laki-laki akan membuat ibu lebih suka makan makanan asin.

Secara medis tidak ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan jenis kelamin bayi ya, Kawan Puan. Jika ingin mengetahui jenis kelamin janin kita harus melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan.

 

 

Baca Juga: Cara Mengurangi Melasma di Masa Kehamilan, Kawan Puan Wajib Tahu 


Tidak boleh mewarnai rambut

Mitos lain yang berkembang di masyarakat bagi ibu hamil adalah tidak boleh mewarnai rambut karena bahan kimia dalam cat rambut berbahaya. Faktanya, bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut sangatlah sedikit dan aman untuk ibu hamil.

Mengutip dari Pregnaancy, Birth, and Baby, mewarnai rambut dengan cat rambut aman jika dilakukan secara cepat dan tidak permanen.

 

Tidak boleh berolahraga

Kata siapa ibu hamil tidak boleh olahraga? Padahal olahraga dapat memberi dampak positif terutama untuk persalinan. Kunci utamanya, jangan lakukan olahraga yang membuat kita lelah ya, Kawan Puan. 

Dilarang makan makanan pedas

Salah satu mitos untuk ibu hamil ialah dilarang mengonsumsi makanan pedas karena bisa memicu keguguran. Makanan yang masuk memang harus diperhatikan ya, Kawan Puan. 

Tetapi dikutip dari laman Kompas.com, menurut dokter spesialis obgyn, dr. Purnawan Senoaji, Sp.OG, dalam bukunya Tanya Jawab Problem, Mitos, & Penyakit Seputar Kehamilan (2012), mengonsumsi makanan pedas tidak mempengaruhi perkembangan dan keselamatan janin.

Meski begitu, mengonsumsi makanan pedas disarankan tidak berlebihan dan sesuai takaran. Sebab, mengonsumsi makanan pedas secara berlebih akan menyebabkan permasalahan di pencernaan atau gangguan lambung.

(*)

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Bisa Jadi Ini yang Jadi Penyebab Sulit Hamil

Meski sudah mengetahui kebenarannya, Kawan Puan wajib melakukan konsultasi rutin ke dokter kandungan untuk kondisi diri sendiri dan bayi kita, ya. 

Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved