Breaking News:

Sering Tidak Disadari, Stres dan 4 Hal Ini Bisa Sebabkan Sariawan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan. Mulai dari stres hingga tidak sengaja tergigit. Oleh karena itu, hati-hati!

Ilustrasi Parapuan Foto 2021-03-20 02:58:42 

Parapuan.co - Sariawan merupakan salah satu luka yang di daerah mulut yang pasti pernah kita alami. Sariawan atau seriawan memang bukan jenis penyakit yang berbahaya. 

Tetapi, sariawan sangat menggganggu karena kita jadi tidak bisa makan dan minum secara nyaman. Saat sariawan, enggak jarang kita jadi malas untuk makan atau minum karena memang perih yang ditimbulkan. 

Lebih bikin unmood lagi saat makanan yang kita makan tidak sengaja menabarak sariawan. Waduh perih bukan main ya, Kawan Puan. Sariawan sebenarnya bisa terjadi karena apa saja? 

Dilansir dari CewekBanget.id, berikut penyebab sariawan yang mungkin tidak kita sadari: 

Baca Juga: Duh, Anemia Rentan Dialami Perempuan, Ini 7 Makanan untuk Mencegahnya


Cedera karena tidak sengaja tergigit

Pernah tidak sengaja bagian dalam mulut tergigit saat sedang berbicara, makan, atau bahkan sikat gigi? 

Luka atau cedera akibat aktivitas di atas bisa menimbulkan sariawan di bagian bibir, gusi, bahkan lidah. Pada akhirnya, luka gusi dan permukaan dinding rongga mulut yang dibiarkan akan menimbulkan sariawan. 

Kekurangan vitamin

Tidak hanya luka yang ada di daerah mulut, kekurangan vitamin juga bisa menyebabkan sariawan. Yaps, sariawan sendiri bisa muncul saat tubuh kekurangan vitamin, zat besi, dan vitamin B12. 

Selain kurang vitamin, kondisi medis tertentu juga dapat membuat sariawan muncul. Enggak jarang sariawan dijadikan sebagai tanda saat sistem imunitas tubuh melemah atau ada infeksi di tubuh kita. 

Perubahan hormon

Nyatanya saat menstruasi, kita sebagai perempuan lebih rawan terserang sariawan karena perubahan hormon dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan.

Kebersihan mulut yang buruk

Saat kebersihan mulut tidak terjaga, sariawan bisa muncul dan mengganggu kenyamanan kita lho, Kawan Puan. 

Baca Juga: Kenali Gangguan Tidur Sleep Apnea, dari Gejala hingga Pengobatannya


Maksud kebersihan mulut yang tidak terjaga ialah saat kita tidak rajin menggosok gigi hingga akhirnya bakteri menumpuk dan bersarang dalam mulut, kemudian menyebabkan infeksi. Infeksi karena bakteri bisa menimbulkan peradangan dan luka di rongga mulut.

Oleh karena itu, kita wajib sikat gigi secara rutin. Tambahkan obat kumur jika diperlukan. 

Stres

Bukan hanya karena luka atau kebersihan mulut yang buruk, tetapi stres dan perasaan cemas juga bisa memunculkan sariawan.

Sariawan dapat dipicu dari beban emosional dan kecemasan karena sebenarnya sariawan sendiri adalah gejala fisik dari stres berlebih.  

(*)

Baca Juga: Sudah Vaksin Covid Tapi Harus Tetap Taat Protokol Kesehatan, Kenapa?

Sumber: Parapuan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved