Breaking News:

Calon Presiden 2014

SBY dan Megawati Penentu Arah Koalisi

"Dengan memenangkan dua pemilihan presiden yakni tahun 2004 dan 2009 tentu langkah SBY patut diperhitungkan."

TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Foto Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berjabat tangan dengan Presiden SBY 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah dua aktor utama penentu koalisi dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden (Pilpres) Juli mendatang.

PDIP sendiri selangkah lebih maju karena telah mendapatkan mitra koalisi dengan Partai NasDem. Koalisi kedua partai cukup untuk mengusung calon presiden dan wakil presiden karena raihan suara keduanya mencapai 25 persen. Demokrat, berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei, memang hanya berada di urutan ke-empat dengan perolehan 10 persen.

"Dengan memenangkan dua pemilihan presiden yakni tahun 2004 dan 2009 tentu langkah SBY patut diperhitungkan. Penyelenggaraan konvensi Capres Partai Demokrat sesungguhnya merupakan eksperimen proses demokrasi yang patut dipuji karena menyediakan mekanisme pemilihan capres betul-betul berdasarkan keinginan masyarakat," ujar Dosen Fisip UI, Vishnu Juwono, di Hotel Luwansa, Jakarta, Senin (28/4/2014).

Pernyataan senada juga dilontarkan pengamat politik yang juga pendiri Soegeng Sarjadi Syndicate, Sunardi Rinakit. Menurut Rinakit, kedua tokoh tersebut sama-sama memiliki pengalaman panjang dalam politik. Keduanya juga menjadi pengendali tunggal sebuah partai politik besar.

"Dalam konfigurasi seperti ini, apabila partai Gerindra dan Golkar salah langkah, salah satu dari mereka kemungkinan akan teraliniasi dengan sendirinya," tambah Rinakit.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Rendy Sadikin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved