Calon Presiden 2014

PKS: Pemikiran Prabowo Soal Alutsista Lebih Konkret

"Sekali lagi itu pilihan, yang pada akhirnya presiden baru akan menentukan dan melibatkan Kemenhan dan DPR untuk dibahas secara bersama," kata Hidayat

Warta Kota/Alex Suban
Tank Leopard yang baru saja memperkuat TNI AD mengikuti defile saat gladi resik upacara HUT ke-68 TNI di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2013). Upacara HUT TNI pada Sabtu (5/10) akan dihadiri oleh presiden RI. (Warta Kota/alex suban) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai pemikiran Prabowo Subianto soal alat utama sistem persenjataan (alutsista) lebih konkret dibandi Joko Widodo. Meski PKS juga tak menentang ide Jokowi untuk membangun industri pertahanan dalam negeri.

"Pengalaman Pak Prabowo tentang perang konkret. Sekali lagi itu pilihan, yang pada akhirnya presiden baru akan menentukan dan melibatkan Kemenhan dan DPR untuk dibahas secara bersama," kata Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/6/2014).

Mengenai ucapan Jokowi menolak pengadaan tank Leopard karena beratnya 63 ton bisa merusak jalan dan jembatan, menurut Hidayat, pernyataan calon presiden nomor urut dua itu termasuk wajar. Dalam hal ini ia sepakat dengan rasionlaisasi Jokowi soal berat Leopard akan membuat jalan jebol.

Tapi, Hidayat mengingatkan Prabowo sudah memberikan contoh saat terjadi peperangan di Vietnam. Ternyata tank tersebut tidak mengalami hambatan dalam bergerak. "Misalnya Vietnam Utara menyerang Vietnam Selatan dengan tank yang juga sangat berat. Ternyata enggak ada masalah tuh," ujarnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut dua Jokowi mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank Leopard. Karena berat tank leopard sebesar 63 ton bisa merusak jalan dan jembatan. Ia beralasan tank ini akan membuat jembatan tak kuat menahan bebannya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved