Breaking News:

Demokrat: Pertemuan SBY-Jokowi Dapat Muluskan Transisi

Menurut dia, pertemuan kedua tokoh ini bisa memuluskan proses transisi.

Kompas.com
Amir Syamsuddin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin berharap pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan presiden terpilih Joko Widodo berjalan baik. Menurut dia, pertemuan kedua tokoh ini bisa memuluskan proses transisi.

"Ya mudah-mudahan, kesediaan untuk membantu presiden terpilih bisa terjadi suatu proses transisi yang baik dan sukses yang disambut pula dengan baik oleh presiden terpilih. Harapan saya, hasil pertemuan itu maksimal memberikaan manfaat bagi bangsa," kata Amir di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Menteri Hukum dan HAM ini mengaku tak mau berspekulasi apakah pertemuan itu akan mengubah keputusan Demokrat untuk berada di luar pemerintahan atau tidak.

Amir mengatakan, selama ini tak ada pembahasan apa pun di internal Partai Demokrat soal kader-kader yang ditawari posisi menteri oleh Jokowi.

"Saya tidak berkewenangan untuk berspekulasi tetapi apa pun juga, kami selalu siap mendukung posisi penjuru dan sikap yang ditetapkan oleh ketum kami," ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan pertemuan dengan presiden terpilih, Joko Widodo hari ini, Rabu (27/8/2014) di Nusa Dua, Bali. Pertemuan akan berlangsung empat mata.

Presiden SBY menyatakan komitmennya untuk membantu proses transisi dengan presiden terpilih. Presiden mengaku ingin membantu agar presiden baru bisa langsung cepat bekerja.

Namun, niatan Presiden SBY itu sempat terganggu dengan isu dari kubu Jokowi yang menganggap SBY justru merecoki Jokowi.

SBY pun langsung bersuara melalui akun Twitternya @SBYudhoyono usai Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan Jokowi sebagai presiden terpilih pada 21 Agustus lalu.

Jokowi kemudian buru-buru mengklarifikasi isu tersebut dan menganggap SBY tetap ingin membantu pemerintahan baru. Sehingga, pertemuan yang akan dilaksanakan hari ini pun terlaksana.

Sebelum bertemu SBY, Jokowi sudah melakukan konsultasi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Rabu (26/8/2014) malam.

Pembicaran lebih dititikberatkan pada RAPBN 2015 dan peluang pemerintahan baru mengimplementasikan program-program prioritas dalam anggaran bentukan pemerintahan SBY itu.

Editor: Rendy Sadikin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved