Pekan Kebudayaan Nasional Dimeriahkan Gelaran Kemah Kebangsaan

Adanya Pekan Kebudayaan Nasional nanti diharapakan bisa mempersatukan acara-acara kebudayaan yang sudah ada.

Pekan Kebudayaan Nasional Dimeriahkan Gelaran Kemah Kebangsaan
HandOut/Ist/Kemendikbud
Kegiatan “Kemah Kebangsaan” yang berlangsung di bumi perdikan Desa Tawangsari, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (23-24/2/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya bagaimana untuk memajukan kebudayaan bangsa Indonesia.

Satu di antaranya yang kini tengah gencar dilakukan Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan menyelenggarakan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional.

Seperti ditegaskan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, konsep Pekan Kebudayan Nasional tidak jauh beda dari Pekan Olahraga Nasional (PON) yang dimulai dari tingkat kabupaten/kota, termasuk akan ada kompetisi dalam hal kebudayaan antarpeserta.

Hilmar mengatakan alasan tercetusnya kegiatan ini dikarenakan dengan melihat kondisi saat ini banyaknya festival kebudayaan, namun masih dirasa kurang solid.

Adanya Pekan Kebudayaan Nasional nanti diharapakan bisa mempersatukan acara-acara kebudayaan yang sudah ada.

“Harapan kami dengan kegiatan tersebut dapat berjenjang dari desa hingga pusat yang terdiri atas kompetisi daerah, kompetisi nasional, konferensi pemajuan kebudayaan, ekshibisi, dan pergelaran karya budaya yang bertujuan membuka ruang interaksi budaya dalam rangka pelestarian sbudaya Indonesia,” tegas Hilmar Farid.

Hilmar mengatakan kegiatan tersebut sebagai menjadi wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan dalam Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2019.

Terlebih kegiatan tersebut menyediakan ruang bagi keragaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi budaya untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Seperti kata Hilmar baru-baru ini rangkain kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional baru berlangsung di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dengan meriah.

Kemah Kebangsaan 3
Kegiatan “Kemah Kebangsaan” yang berlangsung di bumi perdikan Desa Tawangsari, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (23-24/2).

Ratusan pemuda dan warga yang tergabung dalam aliansi masyarakat sipil dan relawan begitu antusias menggelar kegiatan “Kemah Kebangsaan” yang berlangsung di bumi perdikan Desa Tawangsari, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (23-24/2).

Kemah Kebangsaan 1
Ratusan pemuda dan warga yang tergabung dalam aliansi masyarakat sipil dan relawan begitu antusias menggelar kegiatan “Kemah Kebangsaan” yang berlangsung di bumi perdikan Desa Tawangsari, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (23-24/2/2019).
Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved