Materi Program 'Inspirasi' untuk Menyiapkan Kepemimpinan SDM Era Industri 4.0 di Karawang

Program bertujuan mengembangkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan nantinya berpengaruh pada peningkatan mutu hasil pembelajaran siswa

Materi Program 'Inspirasi' untuk Menyiapkan Kepemimpinan SDM Era Industri 4.0 di Karawang
HandOut/Istimewa
Peluncuran program "Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih Prestasi (INSPIRASI), Kamis (18/7) siang, di Resinda Hotel Karawang, Jawa Barat. Program perdana ini akan berjalan selama 1,5 tahun dan ditujukan bagi 20 kepala sekolah dasar negeri dan 5 madrasah ibtidaiyah. Lahirnya INSPIRASI tak terlepas dari inisiatif dan dukungan mitra kerja atau donor yang terdiri dari Tanoto Foundation, Global School Leaders, Resinda Hotel Karawang, PT Bukit Muria Jaya, Triputra Agro Persada, dan Asia Philanthropy Circle. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih Prestasi (Inspirasi) yang diberikan kepada para kepala sekolah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, telah diluncurkan pada Kamis (18/7/2019) di Resinda Hotel Karawang.

Peresmian dilakukan Bupati Karawang Dr Cellica Nurrachadiana didampingi Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan – Kementerian Agama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang serta mitra dan donor program.

Program kali pertama ini bertujuan mengembangkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan nantinya berpengaruh pada peningkatan mutu hasil pembelajaran siswa.

Pelaksanaannya dimulai pada tahun ajaran 2019/2020 dan akan berlangsung selama 1,5 tahun. Program ini diikuti oleh 20 kepala sekolah dasar negeri dan 5 madrasah ibtidaiyah di Karawang.

Direktur Eksekutif Inspirasi Patrya Pratama mengatakan, bentuk nyata dari program pelatihan ini berupa workshop dan pendampingan fasilitasi praktik kerja di lapangan.

Direktur Eksekutif INSPIRASI Patrya Pratama
Direktur Eksekutif INSPIRASI, Patrya Pratama.

Dalam periode 1,5 tahun itu, setiap bulan akan dilaksanakan kegiatan workshop di ruangan dan praktik kerja di lapangan secara bergantian.

Observasi pembelajaran

“Istilahnya in workshop learning dan on the job learning. Jadi in, on, in, on dan seterusnya,” ucap Patrya dilansir Kompas.com, Kamis (18/7/2019).

Program “Inspirasi”: Mengembangkan Kualitas Kepala Sekolah Materi pelatihan isinya terdiri dari tiga hal.

Pertama, fokus pada keterampilan dasar kepemimpinan kepala sekolah sebelum melakukan tugas, misalnya kolaborasi dengan guru, manajemen waktu, dan komunikasi.

Halaman
1234
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved