Dwi S Purnomo: Tel-U Terus Membuktikan Diri Sebagai Salah Satu Kampus Terbaik

Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S Purnomo mengatakan bahwa apa yang dicapai Tel-U adalah pencapaian yang luar biasa.

Dwi S Purnomo: Tel-U Terus Membuktikan Diri Sebagai Salah Satu Kampus Terbaik
ist
Tel-U Terus Membuktikan Diri Sebagai Salah Satu Kampus Terbaik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkom University (Tel-U) menempati peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) nasional dalam klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) Indonesia tahun 2019 Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Sementara itu untuk seluruh PT (termasuk Perguruan Tinggi Negeri) Tel-U menempati peringkat 14.

Jika dibandingkan dengan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2018, peringkat Tel-U melesat tajam. Tahun lalu, Tel-U menempati peringkat tiga untuk PTS tingkat nasional, dan peringkat 33 untuk seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Terkait prestasi Tel-U, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Dwi S Purnomo mengatakan bahwa apa yang dicapai Tel-U adalah pencapaian yang luar biasa.

“Tel-U dari tahun ke tahun terus menunjukkan dan membuktikan diri sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Kualitas yang ditunjukkan Tel-U merupakan komitmen untuk memberikan layanan pendidikan terbaik pada anak bangsa,” ungkapnya.

Berdasarkan siaran pers Kemenristekdikti, disebutkan bahwa klasterisasi PT dilakukan untuk memetakan PT Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas PT sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%).

Berdasarkan indikator penilaian yang diberikan kemenristekdikti, Tel-U paling menonjol dari sisi proses jumlah akreditasi prodi (Program Studi), sudah 70 % prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 % diantaranya terakreditasi internasional.

“Semoga Tel-U dapat terus berkontribusi untuk membangun sumber daya manusia Indonesia masa depan," katanya.  

Komitmen untuk terus meningkatkan kualitas lembaga pendidikan menjadi semangat bersama di YPT, tidak hanya di Tel-U tapi juga di perguruan tinggi milik YPT lainnya, yaitu ITTelkom Purwokerto, ITTelkom Surabaya dan Akatel Jakarta.

Begitu juga di 50 Lembaga pendidikan dasar dan menengah yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved