Mengenal Universitas Trisakti, Lembaga Pendidikan yang Dikenal sebagai Kampusnya Pahlawan Reformasi

Universitas Trisakti didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965.

Mengenal Universitas Trisakti, Lembaga Pendidikan yang Dikenal sebagai Kampusnya Pahlawan Reformasi
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Majelis Wali Amanat Universitas Trisakti (MWA Usakti) mengeluarkan beberapa rekomendasi dari hasil Rapat Kerja MWA Diperluas yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Februari 2019 lalu. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM - Universitas Trisakti didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 014/tahun 1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb.

Tanggal 29 November tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari kelahiran Universitas Trisakti.

Dikutip dari situs resmi Universitas Trisakti, proses kelahiran kampus ini diawali dengan dihancurkannya Universitas Respublika oleh masa pada tahun 1965 karena dianggap terlibat dalam pergerakan Partai Komunis Indonesia pada bulan September 1965.

Diterangkan dalam situsnya bahwa dari puing - puing Respublika itulah dibangun Universitas Trisakti.

Selain itu, Universitas Trisakti juga merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Nama Universitas Trisakti diberikan oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu.

Makna Trisakti diambil dari pidato Dr. Ir. Soekarno, yaitu berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Pada awal didirikan Universitas Trisakti memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik yang memiliki empat departemen yaitu Departemen Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Arsitektur.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Penulis: Dinar Fitra Maghiszha
Editor: Fathul Amanah
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved